POLITIK

HASIL SEMENTARA KURSI DPD-RI, RAHMI MASIH KUAT DI KABGOR, FADEL TERTINGGI DAN UNGGUL DI 5 DAERAH

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

GORONTALO [KP] – Sudah bisa diduga sejak awal, Fadel Muhammad bakal unggul dalam perolehan suara pada Pemilu 2019 untuk kursi DPD-RI. Sejak pendaftaran pencalonan dimulai, dukungan KTP untuk pencaloan Fadel terbilang yang terbanyak dibanding dengan calon lainnya.

 

Dari hasil perhitungan sementara oleh tim sukses calon anggota DPD-RI dengan mengacu perolehan suara pada blanko C1, suara Fadel Muhammad mayoritas unggul di Kota Gorontalo, Boalemo, Pohuwato, Bonebol dan Gorut. Total sementara perolehan suara Fadel Muhammad sebanyak 83.098 ribu.

 

Abdurahman Abubakar Bahmid yang biasa dikenal dengan panggilan Ustad Bahmid itu menduduki urutan Kedua perolehan sementara dengan jumlah suara 46.284 ribu. Bahmid berada di posisi Kedua dengan dukungan kedua di Kota Gorontalo dan Bonebol. Meski hanya unggul di dua wilayah, Bahmid melejit suaranya meninggalkan teman petahanan lainnya Dewi Sartika Hemoto dan Rahmijati Jahya.

 

Sementara pada urutan Ketiga, bertengger nama Dewi Sartika Hemeto dengan mengondol suara sebesar 31.082 ribu. Dewi Sartika memperoleh suara merata disetiap Kabupaten Kota dengan dukungan suara terbanyak Ketiga dari kabupaten Gorontalo dibawah Fadel Muhammad dan Rahmijati Jahya.

 

Pada urutan Keempat, incomebent Rahmijati Jahja masih mendapat dukungan yang tinggi di kabupaten Gorontalo. Dirinya mampu mengalahkan perolehan suara Fadel Muhammad dengan suara 19.634 ribu sementara Fadel hanya mampu meraih 11.840 ribu. Dukungan ini tidak lepas dari kekuatan yang pernah dibangunnya hampir 15 tahun bersamaan dengan David Bobihoe suaminya yang memimpin daerah tersebut selama 10 tahun sebagai Bupati Gorontalo. Tiket berada di 4 besar, Rahmijati Jahja memperoleh suara 28.003 ribu.

 

Menariknya, dari 49 calon anggota DPD-RI pada Pemilu 2019 ini, nama Ishak Liputo sementara berada di urutan Kelima membuntuti 4 calon diatas yang mengantongi suara signifikan. Suara Ishak Liputo sebesar 14.903 ribu, terpaut 13.100 ribu suara dari Rahmijati Jahja yang memperoleh 28.003 ribu suara.

 

 

Meski ini baru perhitungan real count dengan data C1 yang dikelolah oleh lembaga survey dan data perhitungan internal tim sukses calon, namun data ini akan sedikit berubah dengan data yang bakal diumumkan oleh KPU kabupaten/ kota dan provinsi Gorontalo.

 

Media ini akan menampilkan perkembangan perolehan suara DPD-RI dari waktu ke waktu hingga penetapan suara dari KPU provinsi Gorontalo.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker