POHUWATO

WABUP POHUWATO MINTA PENGAWAS LAKUKAN TUGASNYA HINGGA USAI PERHITUNGAN SUARA

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

MARISA [KP] – Penyelenggaraan Pemilu serentak yang baru kali ini dilaksanakan dirasa perlu dilakukan pengawasan secara bersama, sehingga Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Anggota Legislatif DPRD Kabupaten, Provinsi, DPR RI, DPD RI dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

 

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Amin Haras ketika membuka Pembekalan Tim Pemantau TPS Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan Pemilihan Anggota Legislatif Tahun 2019, Senin (15/04/2019) di Gedung Panua Kantor Bupati Pohuwato.

 

Wabup Amin Haras yang didampingi Kepala Kesbangpol Hikman Katohidar mengatakan bahwa menjelang Pemilu berbagai hal yang harus diantisipasi dan dipersiapkan dengan matang, mulai dari aspek persiapan logistik, kemudian aspek-aspek yang mendukung lainnya pada penyelenggaraan Pemilu terutama untuk pemungutan suara.

 

Lebih lanjut Wabub Amin Haras mengatakan, untuk pencoblosan membutuhkan wakru minimal lima menit perorang dan itu waktu normal, belum lagi jika yang mencoblos ini orang tua (Lansia), maka bisa diprediksi lebih lama.

“Namun Alhamdlillah Pemilu kali ini TPS nya ditambah, namun penghitungan suara kemungkinan sampai subuh karena banyaknya yang dihitung,” ungkap Wabup Amin Haras.

 

Tugas dari Pemantau TPS adalah membantu Pemda dalam hal kelancaran penyelenggaraan Pilpres dan Pileg serta membantu melakukan pencatatan pada perhitungan suara, selain itu tugas dari  pemantau TPS juga memantau kondisi di TPS.

 

“Sehingga itu Pemda merekrut bapak dan ibu yang diharapkan bisa membantu Pemda untuk kelancaran dari pada penyelenggaraan Pilpres dan Pileg. Bapak dan ibu akan diberi tanggungjawab, karena waktu Pemilu yang bisa di prediksi sampai pagi besoknya atau pada 18 April, maka di minta kesiapannya. Tugas saudara membantu Pemda melakukan pencatatan sampai pada penghitungan suara, disisi lain saudara juga memantau kondisi yang ada di TPS, jika ada yang terjadi sekiranya dapat dilaporkan ke Pemerintah Daerah, pinta Wabup.

 

 

“Bapak dan ibu adalah perpanjangan tangan dari Pemda yang dibagi di 400 lebih TPS yang ada di Pohuwato. Olehnya apa saja yang saudara lihat, saudara pantau segera dilaporkan sehingga segera dapat diantisipasi. Karena tanggungjawab suksesnya Pilpres dan Pemilihan Legislatif merupakan tanggungjawab kita semua sebagai rakyat, sebagai bangsa. Karena ini sangat menentukan keberlangsungan dari kehidupan bangsa ini. Dan bagi masyarakat tolong diajak untuk datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya,” tegas Wabup Pohuwato.#[KP/Jundi]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker