HUKRIM

POLRES POHUWATO BEKUK TIGA TERDUGA NARKOBA, DPC GRANAT POHUWATO APRESIASI KERJA KAPOLRES

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

MARISA [KP] – Upaya cepat merespon laporan masyarakat terkait pengguna Narkoba di Pohuwato segera ditindaklanjuti Sat Narkoba Polres Pohuwato dalam arahan dan petunjuk Kapolres Pohuwato, AKBP Agus Widodo, SIK., MH.

 

Peredaran Narkoba di kabupaten paling barat di provinsi Gorontalo ini akhirnya dihentikan oleh Polres Pohuwato dengan menangkap terhadap 3 (tiga) orang pelaku Narkoba yakni SH (42), RM (43) dan SH(43) alias Kiman  yang kesemuanya asal Propinsi Gorontalo, Jum’at 905/04/2019) sekitar pukul 19.30 Wita .

 

Kapolres Pohuwato AKBP Agus Widodo, SIK., MH menjelaskan bahwa penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat.

 

“Awalnya Tim Opsnal Res Narkoba mendapat informasi dari masyarakat selanjutnya kita lakukan penyelidikan. Pada hari Jum’at  sekitar jam 19.30 wita Tim kita melakukan penangkapan terhadap SH di desa teratai kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato dengan barang bukti 2 Sachet kristal putih yang diduga sabu. Selanjutnya dilakukan penggeledahan di rumah orang tuanya di desa Palopo kecamatan Marisa dan ditemukan lagi  9 sachet,” jelas Agus.

 

Dari keterangan SH ini, ungkap Kapolres Pohuwato, pihaknya mendapatkan informasi bahwa 11 sachet kristal putih diduga sabu ini adalah milik SH (Kiman) yang dikirim kepadanya untuk dijual, sementara yang mengetahui rumah SH (Kiman) adalah RM.

 

Selanjutnya oleh tim, RM dijemput dan dibawa ke Polres untuk periksa urine dan hasilnya positif. Keterangan yang bersangkutan, bahwa dirinya menggunakan sabu di rumah SH (Kiman) di kecamatan Kabila, Bone Bolango. Tim pun menuju rumah SH (Kiman) dan melakukan penggledahan.

 

“Dalam penggeledahan di rumah SH (Kiman) kita hanya menemukan 2 (dua) buah korek api gas yang telah dimodifikasi,” kata Kapolres Agus sambil menegaskan jika saat ini seluruh pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Polres Pohuwato guna proses lebih lanjut.

 

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono,SIK membenarkan penangkapan pelaku Narkoba di Pohuwato.

 

“Iya benar, pada hari Jum’at lalu Satres Narkoba Polres Pohuwato berhasil mengamankan 3 orang laki-laki yang diduga membawa Narkoba jenis sabu, dan saat ini masih dalam proses pemeriksaan di Polres Pohuwato,” kata Wahyu.

 

Wahyu mengatakan bahwa pemberantasan Narkoba akan terus digalakkan guna menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya pengaruh Narkoba.

 

“Kapolda terus mengingatkan kepada jajarannya untuk terus melakukan langkah-langkah pemberantasan Narkoba maupun Miras, karena efek yang ditimbulkannya sangat merusak kehidupan generasi pemuda yang notabene adalah generasi penerus bangsa, oleh karena itu harus diberantas,” kata Wahyu.

 

Sementara itu, Pengurus DPC Gerakan nasional Anti Narkoba (GRANAT) kabupaten Pohuwato memberikan apresiasi terhadap masyarakat yang melaporkan kasus ini ke pihak berwajib. Langkah ini menurut Ismail Abas, Ketua DPC GRANAT Pohuwato  adalah tepat karena pihak Polres dan BNN lah yang punya kewenangan untuk melakukan penggeledahan terhadap pelaku terduga pengguna Narkoba, kecuali dalam kondisi urgen, maka pihaknya bisa melakukan hal itu didampingi pihak berwajib.

 

“Tugas GRANAT adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjauhi Narkoba, terlebih khusus kepada generasi muda kita untuk tidak terjebak dengan barang haram itu. Jika urgen dan sudah dalam kondisi yang terpaksa, maka pihak GRANAT bisa melakukannya untuk mengamankan pelaku agar tidak melarikan diri atau menghilangkan barang bukti ,” tegas Ismail Abas kepada media ini.#[KP/HMS]

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker