POHUWATO

KEMENTRIAN KLHK SIAP KELOLAH TAMBANG EMAS GUNUNG PANI TANPA MERCURI

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Ismail Abas/ Mahmud

 

 

MARISA [KP] – Pengelolaan tambang rakyat yang ada di Pohuwato khususnya di Desa Hulawa Kecamatan Buntulia atau tepatnya di kompleks pertambangan rakyat gunung Pani saat ini bakal dikelolah dengan baik tanpa harus merusak lingkungan sekitar, termasuk meniadakan penggunaan bahan mercuri.

 

Hal terungkap ketika Wakil Bupati, Amin Haras, menerima Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI yang rencananya akan membangun Pengolahan Tambang Emas Rakyat yang ramah lingkungan di Kabupaten Pohuwato. Kepastian pembangunan pengolahan tambang emas, Kamis (04/04/2019).

 

Dikatakan Wabup Amin, Tim dari KLHK saat ini dalam rangka survei awal rencana pembangunan pengolahan tambang emas rakyat yang ramah lingkungan.

 

“Artinya tambang yang tidak menggunakan bahan Mercuri yang rencananya akan di bangun tahun 2019 di lokasi Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) yang ada di Pohuwato khususnya di Desa Hulawa Kecamatan Buntulia atau tepatnya di kompleks pertambangan rakyat Gunung Pani dan sekitarnya,” ungkap Wabup Amin Haras.

 

Wabup tegaskan, hal ini dalam rangka upaya kita kedepan bagaimana paling tidak dengan pembangunan ini dapat secara bertahap dapat mengurangi penggunaan bahan-bahan Mercuri yang dilakukan oleh pertambangan rakyat yang ada di Pohuwato.

 

“Kita berharap kiranya pembangunan ini bisa dipercepat dan beroleh dukungan mulai dari Pemerintah Desa khususnya dalam rangka survei awal lokasi pembangunan pengolahan tambang rakyat yang ada di Pohuwato, termasuk dukungan dari para penambang yang ada di Pohuwato,” harap Amin Haras.

 

Ditegaskan pula bahwa pembanguan tambang ramah lingkungan kedepan akan diserahkan ke Pemda pengelolaannya. Mekanismenya apakah ditangani oleh Bumdes atau Koperasi yang ada untuk menangani ataupun mengoperasikan mesin pengolahan tambang rakyat akan dibicarakan bersama.

 

Tim KLHK masing-masing Aditya Febrian Masri dan Bayu Hendrawan dengan pendamping Kadis DLH Bahari Gobel, Kadis Penanaman Modal Sudin Alin, Camat Buntulia Mohamad Huntoyungo dan Kades Hulawa meninjau lokasi di wilayah WPR di Desa Hulawa.#[KP/HUMAS/Jundi]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker