KONTROL

SEKOLAH JURNALISTIK PMII POHUWATO HADIRKAN KETUA SMSI NARASUMBER UTAMA

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Ismail Abas

 

 

MARISA (KP)  –  Sekolah Jurnalistik yang digelar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)  Cabang Pohuwato, menghadirkan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI)  Provinsi Gorontalo,  Mahmud Marhaba sebagai narasumber utama.

 

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, Jum’at (29-31/03) tersebut,  diikuti oleh mahasiswa yang tergabung dalam cabang PMII se- Sulawesi.

 

Dalam materinya, Ketua SMSI Gorontalo,  Mahmud Marhaba mengupas banyak hal tentang Etika dan Hukum Pers. Menurutnya,  menjadi seorang Jurnalist merupakan hak asasi seluruh warga negara. Namun, pekerjaan ini sangat berat. Sebab, sangat berhubungan dengan kepentingan publik. Jurnalist atau wartawan merupakan pengawal kebenaran dan keadilan, pemuka pendapat serta pelindung hak-hak pribadi masyarakat.

 

Karena itu, dalam melaksanakan tugasnya harus menjunjung dan mentaati Kode Etik Jurnalist (KEJ). Sebab, Kode Etik ini menjadi panduan utama seorang wartawan.  “Penting bagi seorang wartawan memahami dan mentaati Kode Etik Jurnalist, ” terang Ketua Dewan Kehormatan PWI ini.

 

Secara khusus, Mahmud yang juga Pimpinan Redaksi Kabarpublikgo.info ini menyentil soal pentinya Standar Kompetensi Wartawan. Menurutnya, Standar Kompetensi ini untuk menjaga kehormatan pekerjaan wartawan dan bukan untuk membatasi hak asasi warga negara menjadi wartawan.

 

Karena itu kata Mahmud yang juga Ketua Dewan Kehormatan PWI Gorontalo mengatakan, sangat penting bagi setiap wartawan mengikuti UjiKkompetensi dan dinyatakan Kompeten, agar mampu memahami Etika dan Hukum Pers, konsepsi berita, serta penyusunan dan penyuntingan berita.

 

“Khusus di Gorontalo, kami terus mendorong agar setiap wartawan dapat mengikuti uji kompetensi melalui lembaga yang ditunjuk Dewan Pers. Agar mereka dapat memiliki Standar Kompetensi Wartawan dan dinyatakan kompeten, sehingga bertindak profesional dan tidak disebut wartawan abal-abal,” tandasnya.

 

Hadir juga dalam memberikan materi diantaranya, Ismail Abas Redaktur Pelaksana kabarpublikgo.info, Haris Maku dari tatiyechanel.com serta pendamping beberapa wartawan senior saat dilakukan praktek jurnalis di seputaran Pohon Cinta. Peserta pun diajarkan untuk menulis berita cepat lewat teknologi handpone Android.#[KP/Jundi]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker