BOALEMOKONTROL

DRAINASE PENYEBAB BANJIR DI BOTUMOITO, 26 RUMAH TERGENANG

 

 

Laporan : jaringan Berita SMSI

Editor ; Mahmud marhaba/ Arsad Tuna

 

BOTUMOITO [KP] – Lagi-lagi banjir kembali melanda puluhan rumah warga di Dusun Tiga, Desa Botumoito, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo pada Jumat siang hingga sore Jumat (29/03/2019).

Dari keterangan warga yang mengalami banjir tersebut, ini disebabkan oleh tingginya intensitas hujan dan tidak adanya sistem drainase yang memadai di dusun tersebut. Sehingga air kiriman dari bukit langsung mengarah ke pemukiman warga.

“Setiap kali hujan pak pasti banjir. Ini saja baru 30 menit diguyur hujan, air sudah masuk ke dalam rumah,” keluh Rami Ence salah seorang warga dusun 3 yang rumahnya turut terkena dampak banjir.

Sementara itu, Kepala Dusun 3 Desa Botumoito, Amrun Polontalo saat ditemui di lokasi banjir menuturkan bahwa ada 26 rumah warga di dusun itu yang terdampak banjir bandang. Kondisi seperti ini, kata dia, sudah lama dialami oleh warga di dusun itu.

Pihaknya juga telah berulang kali memberitahukan ke pemerintah desa hingga pemerintah provinsi terkait kondisi pemukiman warga di dusun 3 yang kerap jadi langganan banjir.

 

“Tidak ada saluran drainase pak, makanya air dari gunung imbasnya ke rumah rumah warga,” kata Amrun.

 

“Kami tidak butuh bantuan apa-apa pak, kami hanya butuh saluran drainase. Makanya kami berharap Pemerintah Kabupaten Boalemo menyampaikan aspirasi kami kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, Khususnya Dinas BPBD Provinsi Gorontalo. Sekiranya segera mengatasi persoalan di dusun kami ini karena banjir tersebut berada tepat di jalan Trans Sulawesi,” keluhnya kepada media ini.#[KP]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker