KONTROL

DEWAN PERS WARNING MEDIA TERKAIT BERITA HOAX. IMRAN : KAMI DUKUNG LANGKAH DEWAN PERS

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

 

GORONTALO [KP] – Penyebaran informasi melalui media massa wajib memperhatikan ketentuan UU Pers No. 40 tahun 1999 serta Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Hal ini dipertegas oleh anggota Dewan Pers, Ratna Komala pada kegiatan, Workshop Peliputan Pemilihan Legislatif dan Presiden tahun 2019, di Maqna Hotel, Rabu (20/03/2019).

 

Pada materi yang disampaikan dihadapan pemimpin redaksi dan redaktur media cetak, elektronik dan online, Ratna Komala menegaskan jika media wajib memperhatikan UU Pers dan KEJ.

 

“Media wajib memperhatikan dan menaati Kode Etik Jurnalistik serta UU Pers agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkap Ratna Komala yang merupakan Wakil Ketua Bidang Pendataan, Verifikasi dan Limitidasi Dewan Pers RI.

 

Disampaikan juga bahwa banyak media yang terjebak dengan pemuatan berita Hoax. “Ini penting untuk dicermati agar media tidak terjebak dengan penyebaran berita Hoax apalagi jelang Pemilu 2019 ini,” ungkap Ratna Komala.

 

Berita Hoax, ungkap Ratna, bisa membuat masyarakat sesat dengan pemberitaan yang salah dan bisa menimbulkan kekacauan.

 

“Pemimpin redaksi, redaktur wajib melakukan kroscek terhadap sebuah informasi yang akan ditayangkan atau yang akan disebarkan ke masyarakat melalui media masing-masing,” tegas Ratna Komala.

 

Ketegasan ini mendapat dukungan dari kepala Badan Kesbangpol provinsi Gorontalo, Imran Bali. Dikatakannya, penegasan Dewan Pers terhadap media untuk lebih selektif menayangkan berita yang sumbernya tidak jelas adalah sudah tepat dan patut didukung.

 

“Ini akan menolong media untuk lebih berhati-hati dalam meminimalisir beredarnya berita Hoax,” ungkap Imran. “Apalagi saat jelang Pemilu April 2019 nanti, media harus mampu menjadi filter terhadap penyebaran berita Hoax kepada masyarakat,” harap Imran Bali kepada media ini.#[KP]

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker