POHUWATO

CANGGIH, PDAM POHUWATO KINI MILIKI IPA OTOMATIS BERKAPASITAS 20 LITER/DETIK

Laporan : Jaringan Berita SMSI
Editor : Mahmud Marhaba

 

MARISA (KP) – Benar – benar canggih dan luar biasa, PDAM Tirta Maleo Kabupaten Pohuwato kini memiliki Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan sistem otomatis atau komputerisasi. IPA ini berkapasitas 20 liter/detik dan telah terpasang di dua Kecamatan yakni Kecamatan Paguat dan Popayato Barat. Rencanya pekan depan IPA ini akan beroperasi memenuhi kebutuhan air bersih di dua wilayah tersebut.

Pjs. Direktur PDAM Tirta Maleo Hairudin Usman saat jumpa pers, Rabu (13/03/2019) kemarin, menjelaskan, IPA ini merupakan bantuan hibah dari Negara Hungaria. Proses pembangunan awal di mulai tahun 2018 kemarin. Hanya ada dua Provinsi di Sulawesi yang mendapatkan bantuan hibah Hungaria tersebut yakni Provinsi Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

“Khusus di Provinsi Gorontalo hanya Pohuwato yang dapat bantuan hibah ini. Dan itu dibangun didua kecamatan sekaligus yakni Paguat dan Popayato Barat, ” jelasnya.

IPA ini lanjut Hairudin merupakan IPA tercanggih di Gorontalo. Sebab pengoperasiannya menggunakan sistem otomatis. Seluruh komponen menggunakan alat komputerisasi, mulai dari tingkat keruhan air hingga distribusi ke pelanggan dilakukan secara otomatis.

“Berbeda dengan IPA lainnya yang beroperasi secara manual, IPA ini pengoperasiannya sudah serba komputer. Manusia tinggal bertugas sebagai operatornya saja, ” terang Hairudin.

Rencananya menurut Hairudin, IPA akan segera beroperasi pekan depan. Sebab, Rabu (13/03/2019) kemarin, tim PHO dari Jakarta telah datang dan melakukan tugasnya.

“Alhamdulillah hari ini (kemarin red) kami telah menerima tim PHO paket Hungaria dari pusat. Dan menurut tim Insyaallah seminggu setelah PHO akan segera beroperasi, ” paparnya.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Pengawas PDAM, Ismail Abas mengungkapkan, setelah proses PHO ini, maka pihaknya akan mempersiapkan agenda pengresmian oleh Bupati Pohuwato. Pengresmian ini juga sekaligus awal dari penyerahan aset hibah ini ke PDAM melalui Pemerintah Daerah.

“Kami masih akan berkoordinasi dengan tim Hungaria untuk acara pengresmian oleh Bupati. Pengresmian ini akan kita tandai dengan pendatanganan prasasti oleh Bupati Pohuwato, “tandas Ismail.#(KP/Jundi)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker