BOALEMO

PULAU RATU JADI ASET PARIWISATA BOALEMO, BUPATI BAKAL HADIRKAN VILA

Laporan : Jaringan Berita SMSI
Editor : Mahmud/ Ismail Abas

 

TILAMUTA (KP) – Lomba perahu katinting dilaksnakan di desa Tenilo, tepatmya di kawasan wisata pantai Pulau Ratu, kecamatan Tilamuta, kabupaten Boalemo, Minggu (10/03/2019).

Lokasi lomba perahu katinting ini sengaja digelar di lokasi wisata yang baru agar tempat ini bisa kenal dan menjadi target kunjungan wisatawan lokal maupun manca negara.

Pulau Ratu sendiri menurut sejarah pernah didatangi oleh kapal dari Belanda. Di dalam kapal itu ada seorang Ratu yang cantik berkebangsaan Belanda. Tujuan mereka hanya sekedar jalan-jalan. Namun, menurut nakoda kapal, mereka tidak bisa kembali lagi ke Belanda. Akhirnya mereka menandai sebuah kain putih yang hingga saat ini setiap tahunnya warga di sekitar selalu melakukan sesajian di pantai ini dan diberi nama pulau Ratu.

Camat Tilamuta, dalam kegiatan tersebut mengatakan jika pembukaan pantai ini menggunakan dana desa dan sebagian di bantu oleh dana Bupati Boalemo secara langsung mulai peralatan berat semacam eskapator.

Bupati Boalemo, Darwis Moridu mengharapkan wisata Pulau Ratu bisa berkembang pesat, baik dikenal di tingkat Nasional, maupun internsional. “Bukan berarti menyaingi Pulo Cinta, tetapi pengembangannya akan ditingkatkan. Saya akan adakan Vila di pantai ini, bahkan akan mengembangkan wisata air terjun yang berada di sekitar pantai pulau Ratu,” ungkap Bupati Darwis Moridu.

Dirinya menghimbau agar pengunjung menjaga keamanan dan di larang membawa minuman keras atau minuman yang berakibatkan mabuk di lokasi wisata ini. Jika wisata aman dan nyaman maka para wisatawan akan datang dan tinggal disini.

“Saya mendukung penuh wisata ini karena sangat strategis untuk wilayah wisata dan juga mengharapkan kepala Dinas Pariwisata untuk lebih memperhatikan wisata ini dan diharapkan dalam anggaran perubahan tahun 2019 ini agar lebih bisa memberikan anggaran untuk pengembangan potensi kawasan wisata Pulau Ratu,” tegas Bupati.

“Sesuai penyampaian bapak Kapolres Boalemo bahwa mereka siap membantu dalam pengamanan kawasan wisata Pulau Ratu, karena di anggap sebuah keramaian biasanya akan menimbulkan suatu permasalahan yang tidak terduga,” tegasnya.

Bahkan, Bupati menegaskan jika Kapolres akan membangun Pos Ronda dan mengaktifkan pemantauan oleh Kamtibmas agar terjaga dan meminimalisir ketimpangan sosial agar kawasan wisata aman dan pengunjung nyaman.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh SOPD, instansi Polri, Instansi TNI Boalemo, bahkan dihadiri juga oleh instansi TNI dari Kabupaten Pohuwato.#(KP/ Aprianto Pasisingi)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
http://Vidyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button