KABGOR

DI TIBAWA, NELSON RESMIKAN PROYEK JALAN DAN JEMBATAN

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

LIMBOTO [KP] – Pemerintah Kabupaten Gorontalo menuntaskan sejumlah proyek infrastruktur jalan dan jembatan yang dibangun di sejumlah desa di Kecamatan Tibawa. Ketersediaan infrastruktur ini diharapkan mampu mendorong perekonomian masyarakat setempat sehingga bisa bergerak lebih cepat.

Infrastruktur yang dimaksud meliputi; akses jalan Dusun Perintis di Desa Iloponu dengan panjang 717 meter, Jembatan Gantung di Desa Buhu sepanjang 50 meter, akses Jalan Desa Buhu-Olobua dengan panjang 3,5 Kilometer dan Jembatan penghubung Buhu-Olobua sepanjang 7 meter.

Pada Minggu (10/3), semua sarana tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo. “Pembangunan akses infrastruktur di daerah terpencil merupakan komitmen kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekarang, beberapa di antaranya yang berada di Tibawa sudah kelar. Saya berharap masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik,” ujar Nelson dalam sambutannya pada pengresmian proyek tersebut.

Dalam kesempatan itu, Nelson turut didampingi Sekertaris Daerah Hadijah Tayeb dan sejumlah pimpinan SKPD.

Nelson menjelaskan, keberadaan infrastruktur yang representatif adalah kebutuhan dasar masyarakat. Persoalan jalan misalnya, akan sangat menentukan arus mobilitas sosial-ekonomi. Tanpa keberadaan jalan yang memadai, aktivitas pertukaran barang dan jasa akan terhambat. Apalagi di wilayah Kecamatan Tibawa yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani. Tentu infrastruktur jalan dan jembatan sangat berarti. “Kalau jalan baik dan jembatan bagus, masyarakat akan merasakan dampak positifnya. Contoh kecil bagi mereka para petani. Ini akan sangat membantu kelancaran penganggkutan hasil produksi,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gorontalo Syamsul Baharuddin menyampaikan, proyek Jalan Iloponu didanai dengan anggaran Rp 1,1 miliar, jembatan Gantung Desa Buhu dibandrol Rp 200 juta dan anggaran jalan penghubung Buhu- Olobua sebesar Rp 7 miliar. Dana tersebut seluruhnya berasal dari APBD Kabupaten Gorontalo tahun 2018. “Infrastruktur ini jelas sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kita bersyukur proyeknya sudah kelar dan tanpa masalah,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Iloponu dan Kepala Desa Buhu mewakili masyarakat setempat menyampaikan terima kasih yang mendalam terhadap Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Kini, jalan dan jembatan yang dibangun sudah dinikmati masyarakat. Menurut keduanya, masyarakat sangat bersyukur, apalagi tahun ini panen mereka melimpah. Dengan jalan yang representatif, mobilitas pengangkutan hasil panen dapat berjalan lancar.#[KP/HMS]

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker