BONEBOL

PREDIKAT RENDAH PROGRAM SAKIP, DIJADIKAN CAMBUK UNTUK BANGKIT DARI KETERPURUKAN

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Ismail Abas/ Mahmud

 

 

TILAMUTA (KP) – SAKIP merupakan sistem yang mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya.

Sayangnya, Pemerintah Boalemo hanya memperoleh nilai CC, dimana itu merupakan predikat terendah dari penilaian SAKIP. Penyerahan dan penganugerahan SAKIP Award 2018, pada Selasa (19/2/2019), yang digelar di Four Point by Sheraton, Kota Makassar itu diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Drs. Syarifudin, M.Si, kepada 174 kepala daerah, baik provinsi, kabupaten maupun kota.

Predikat terendah ini dijadikan evaluasi Pemda Boalemo sebagai cambuk untuk mengdorong semua stakeholder berpacu pada tahun 2019 ini. Tujuan dari evaluasi ini untuk mengukur tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil terhadap penggunaan anggaran daerah Boalemo. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan pemerintahan yang berorientasi kepada hasil atau result oriented government.

Pada penilaian SAKIP kali ini, 5 poin yang menjadi dasar penilaian diantaranya perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja.

Saat dimintai pandangannya terkait predikat CC yang diterima oleh Pemda Boalemo pada tahun 2018, Ir. Husain Etango selaku Sekda Boalemo mengaku akan mendorong, agar predikat CC tersebut dapat dibenahi pada SAKIP Award 2019 mendatang dan akan mendapatkan predikat B.

“Mudah-mudahan 2018 yang akan dievaluasi 2019 ini akan ada perbaikan mendasar, serta bersinergi semua OPD, mulai dari eselon Dua sampai eselon Empat dan seluruh staf.#(KP/Apriyanto Adam)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker