KONTROL

WARGA MENGELUH AIR BERSIH, RG PERJUANGKAN SUMUR BOR KE MENTRI ESDM

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

GORONTALO (KP) – Dalam beberapa kunjungannya ke Gorontalo, Rachmad Gobel (RG) telah banyak menerima keluhan warga, utamanya soal kesulitan mendapatkan air bersih. RG yang kini dipercayakan Presiden Jokowi sebagai utusan khusus presiden RI untuk Kekaisaran Jepang itu, pernah mencarikan solusi penyelesaian masalah itu  dengan pemerintah Jepang.

 

Kini masalah air bersih yang dialami warga Gorontalo dibeberapa wilayah, menjadi salah permasalah yang mengusik pikiran RG. Untuk itu, dirinya telah menemui Ignasius Djonan, salah satu teman dekatnya yang kini adalah Menteri ESDM, di kabinet pemerintahan Jokowi – JK, baru-baru ini.

 

Dari sejumlah alternatif solusi yang ditawarkan RG, Mentri Djonan telah menyetujui usulan pembuatan sumur bor untuk dilaksanakan di Gorontalo. Kementrian ESDM akan melaksanakannya melalui Program Eksplorasi Pelayanan Air Bersih Menggunakan Sumur Suntik Air Tanah Dalam. Penyebaran program tersebut ada di Kabupaten Gorontalo, Boalemo, Bone Bolango, Pohuawato dan Gorontalo Utara.

 

Disamping itu, RG juga diberikan solusi oleh pemerintah Jepang dengan penerapan teknologi pengolahan air laut menjadi air bersih siap di konsumsi di beberapa wilayah pesisir pantai Gorontalo. Teknologi itu pernah disumbangkan pemerintah untuk mengatasi kesulitan air bersih pasca tsunami Aceh beberapa tahun lalu.

 

“Pagi ini saya sudah telpon Dirjennya, untuk memastikan Gorontalo harus mendapatkan alokasi pembuatan sumur bor itu,” kata Rachmad Gobel, Minggu (17/02/2019)

 

Menurut RG, dirinya merasa terpanggil untuk membantu pemerintah dalam mengatasi pemenuhan kebutuhan air yang begitu penting dalam kehidupan masyarakat.

 

“Saya tak bisa hanya diam saja melihat permasalahan ini, sebab masalah ini sudah lama dan berulang-ulang menimpa masyarakat kita, dan kita membutuhkan solusi yang permanen agar masalah ini benar-benar tuntas hingga akar permasalahannya, biar pemerintahan di daerah tidak terganggu lagi dengan persoalan ini,” kata Rachmad Gobel dari balik teleponnya.

 

 

Menurut RG, pemilihan alternatif Sumur Suntik Air Tanah Dalam itu sesuai dengan kondisi Gorontalo yang banyak memiliki daerah dengan perbukitan tinggi, dan yang terpenting, program ini sukses saat diuji coba.

 

Ceritanya, Saat itu RG akan membuat demo plot untuk beberapa komoditi pertanian yang memiliki potensi pasar ekspor, seperti kacang Edamame, Jagung, Padi, Ketimun, dan Cabe. Pemenuhan suplai air untuk kawasan demplot itu diambil dari sumur suntik air dalam yang dibuat dikawasan demplot tersebut.

“Kenapa sumur suntik, karena dareah kita berbukit. Dan itu sudah kita praktekkan di demplot Tibawa, dan berhasil baik,” kata Rachmad Gobel diakhir peyampaiannya kepada wartawan media ini yang tergabung pada Serikat Media Siber Indoensia (SMSI) provinsi Gorontalo.#(KP)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker