KABGOR

PDAM KABUPATEN GORONTALO LANJUTKAN KERJASAMA DENGAN PDAM SURYA SEMBADA SURABAYA

Laporan : Jaringan Media SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

SURABAYA (KP) – Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Gorontalo tahun 2018 menunjukan sebuah perkembangan yang cukup menggembirakan. Salah satu yang mempengaruhi terjadinya peningkatan karena adanya pendampingan kerjasama dari PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

 

Hal ini terungkap saat PDAM kabupaten Gorontalo melakukan kunjungan kerja ke PDAM Surya Sembada, Kamis (07/02/2019) di kantor PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, jalan Mayjen Prof DR. Moestopo Surabaya. Kunjungan kerja ini dalam rangka pemaparan Progres Kerjasama Program Kemitraan Solidaristas Perpamsi 2018-2019 antara PDAM Gorontalo dan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

 

Direktur PDAM Surabaya Ir. Mujiaman mengatakan bangga bisa bekerjasama dengan PDAM kabupaten Gorontalo untuk sama-sama belajar memperbaiki PDAM, karena perusahan air di Indoensai masih membutuhkan perhatian yang sangat luar biasa. “Saya senang kepada Bupati atas perhatian terhadap PDAM kabupaten Gorontalo. Perhatian bukan saja hanya organisasi, tetapi dalam hal investasi,” ungkap Mujiaman.

 

“PDAM Gorontalo patut berbangga karena memiliki Bupati yang mampu melakukan investasi untuk PDAM, mulai dari 2 miilyar, kemudian berangsur naik menjadi 8 milyar hingga mencapai 10 milyar,” ungkap Mujiaman dengan pujian tulusnya.

 

Mujiaman bangga karena PDAM kabupaten Gorontalo mampu memanage dari tahun ke tahun kearah yang lebih baik. Hasil audit BPKP dan PB SPAM 2018, PDAM kabupaten Gorontalo mencapai 3,27 dari 2,6.

 

“Itu pertanda PDAM Gorontalo sudah sehat,” ungkap Mujiaman yang juga selaku Sekretaris Umum Perpamsi.

 

Sementara itu, Direktur PDAM kabupaten Gorontalo, Raden Sahid, SE pada sambutannya mengatakan jika PDAM kabupaten Gorontalo mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini karena pendampingan yang dilakukan oleh pihak PDAM Surya Sembada selama tahun 2018.

 

Progres PDAM seama 2 tahun terakhir ini menunjuka keloonjakan yang sangat tinggi. Pemasangan baru dari 2700 SR menjadi 3.300 SR pada pekan kemarin. PDAM Gorontalo mendapat bantuan se Sulawesi memalui Perpamsi dengan memperoleh bantuan program nasional.

 

“Selama 2 tahun dasar kerjasama sangat baik dan mengalami peningkatan. Olehnya kami menyampaikan minat kerjasama dengan PDAM Surabaya, kemudian penandatangan Leater Of Intens antara keduanya yang ditandatangani melalui Rapat Kerja Perpamsi yang dihadiri oleh Bupati Gorontalo,” ungkap Raden Sahid, SE.

 

Raden menambahkan jika beberpa penigngkatan DSM yang sangat berpengaruh pada tim PDAM kabupaten Gorontalo. “Melalui dorongan PDAM Surabaya dimana mengembangkan pelatihan dibidang keuangan, operasional dan pemasaran. Kurang lebih 40 orang dalam pelatihan tersebut setiap tahun, namun saat ini semua karyawan sekitar 100 lebih menerima pelatihan,” ungkap Raden.

 

Bupari Gorontalo, Prof DR. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd dalam sambutannya mengatakan jika bangga jika dirinya berada di PDAM Kota Surabaya. PDAM surabaya terbuka untuk bisa membimbing PDAM kabupaten Gorontalo.

 

“Satu tahun kita melakukan kerjasama pendampingan sudah bisa dikatakan sehat. Kami mendorong pada tahun 2016 melakukan investasi sebanyak 2 milyar, tahun 2017 naik menjadi 6 milyar, dan tahun 2018 menjadi 8 milyar sehingga tahun ini melakukan investasi senilai 10 milyar, dengan 9.000 sambungan menjadi 21.000 sambungan,” ungkap Nelson dengan penuh ketulusan dimana yang dilakukan teman-teman di Surabaya karena keilmuannya.

 

“Kerjasama antara PDAM Gorontalo dan PDAM Surabaya dilanjutkan untuk tahun 2019 ini. Tahun ini akan masuk tahun ke 4 kepemimpinan Saya. Berharap program 100.0.100 akan tercapai di Gorontalo. Makanya kami mengutus karyawan untuk melakukan magang di Surabaya, karena Surabaya jadi contoh yang baik, bukan hanya Walikotanya tapi juga Direkturnya,” ungkap tulus Bupati Gorontalo, sambil menegaskan, apa yang menjadi kebahagiaan Walikota akan menjadi kebahagian mereka juga. Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Gorontalo.#(KP)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker