HUKRIMKONTROL

DITUDING INGKAR JANJI, ALEG GORUT DIGUGAT DI PN LIMBOTO

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

LIMBOTO (KP) – Dirman Lantowa akhirnya menunjuk kuasa hukum Husain Zain, SH untuk melakukan gugatan atas kasus dugaan penipuan yang dilakukan oleh LB yang beralamatkan di desa Ilotunggula kecamatan Tolinggula  kabupaten Gorontalo Utara.

Advokat & Legal Consultan, Husain Zain dalam surat gugatannya yang didaftarkan di Pengadilan Negeri Limboto nomor : 4/Pdt.G/2018/PN Lbo tanggal 28 Agustus 2018.

Adv Husain Zain, SH mengatakan bahwa Tergugat pada tanggal 2 Pebruari 2016 mendatangi Penggugat untuk meminjam sejumlah uang guna menjalankan usahanya. Karena antara Penggugat dan Tergugat memiliki hubungan teman, maka Penggugat meminjamkan uang sebesar Rp. 50.000.000  yang dituangkan dalam kwitansi dengan perjanjian akan dibayarkan lunas dengan beras 7125 Kg pada panen berikutnya. Pada tanggal 15 Pebruari 2016, Tergugat datang lagi kepada Pengugat untuk meminjam semen sebanyak 300 sak yang nilainya per sak Rp.75.000. Total pinjaman semen berjumlah Rp.22.500.000 dengan perjanjian akan dibayar saat panen nanti. Pada tanggal 26 Pebruari 2016 tergugat meminjam uang lagi sebesar Rp.9.000.000 dengan perjanjian akan dibayar dengan 1300 Kg beras.

“Setelah dalam kurun waktu kurang lebih 4 bulan kemudian, Tergugat telah melakukan panen, dan Penggugat pun menunggu realisasi janji Tergugat, namun belum juga melakukan pembayaran sesuai dengan perjanjiannya. Penggugat pun memberanikan diri untuk menagih hutang kepada Tergugat, namun janji manis terus disampikan hingga akhirnya pengakuan Penggugat, Tergugat mulai menghindar Penggugat,” tegas Husain Zain, SH sebagaimana menirukan pernyataan Penggugat.

Terhitung hingga Agustus 2018, perjanjian itu sudah berjalan 30 bulan lamamnya, dan Tergugat yang merupakan anggota DPRD Gorontalo Utara itu tidak menunjukan itikad baik untuk membayar hutangnya.

Denagn kondisi itulah, Penggugat membawa persoalan ini keranah hukum Pengadilan Negeri Limboto untuk menuntut hak dan kerugian serta mencari keadilan yang seadil-adilnya.

Akibat tidak memenuhi janjinya, Penggugat merasa rugi secara materiil dan berdasarkan ketentuan Pasal 1243 KUHPerdata yang diakibatkan wanprestasi, maka Tergugat wajib membayar ganti rugi secara materiil dan akan dibebankan bunga. Jumlah keseluruhan yang harus dibayar Tergugat ke Penggugat sebesar Rp. 81.500.000,- dengan bunga 1,5% per bulansejak tanggal 26 Maret 2016 sampai perkara a quo memperoleh kekuatan hukum.

“Dengan kasus ini, kami Penggugat memohon kepada majelis hakim agar berkenan untuk meletakan sita jaminan terhadap harta kekayaan milik Tergugat baik harta bergerak maupun tidak bergerak untuk dijadikan sebagai jaminan ganti rugi atas jaminan perkara ini salah satunya yakni sebidang tanah serta bangunan serta benda-benada yang ada diatasnya yang terletak di desa Ilotunggula kecamatan Tolinggula kabupaten Gorontalo Utara,” tegas Husain Zain, SH selaku kuasa Penggugat.

Tergugat sendiri beberapa kali dihubungi via telepon oleh wartawan media ini, namun tidak berhasil. Hingga berita ini diturunkan, wartawan terus berupaya untuk memintai keterangan dan terus berusaha menghubungi Tergugat.#(KP)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker