KABGOR

PEMKAB GORONTALO – P2E PROVINSI GORONTALO GELAR PENDAMPINGAN PENGINPUTAN E-MONEP

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

 

LIMBOTO [KP] – Bahwa dalam upaya menunjang pelaksanaan kegiatan evaluasi kinerja pemerintahan, pembangunan serta pengawasan percepatan penyerapan APBD Kab.Gorontalo Tahun 2019 maka pemerintah daerah bekerjasama dengan Biro P2E Provinsi Gorontalo melaksanakan kegiatan Pendampingan pengimputan elektronik monitoring evaluasi pelaporan ( e- Monep) program kegiatan APBD Kab.Gorontalo Tahun 2019.

Untuk mengawal proses percepatan penyerapan anggaran dimaksudkan diperlukan suatu sistem yang tertata dengan sistematis dan terstruktur secara online yang dapat menyajikan data realisasi anggaran secara realtime.

Hal ini yang disampaikan Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Erwan Tone, ditemui usai pembukaan kegiatan itu, Rabu (06/02/2019) di Lantai III Hotel Best western, Manado.

Kegiatan itu, dibuka secara resmi oleh Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo.Tampak hadir staf ahli Bupati Haris Tome.

Peserta pada kegiatan ini,terdiri dari Tim e-Monep Biro P2E Provinsi Gorontalo yang terdiri dari 5 tenaga ahli/Instruktur, tim e-MONEP pengendali OPD Bagian Ekbang Kab.Gorontalo,Staf Entri e-MONEP seluruh OPD di Kab.Gorontalo terdiri dari 106 orang yakni, 42 OPD(Badan/dinas) 52 orang,19 kecamatan 19 0rang,21 puskesmas 21 orang dan 14 lurah 14 orang.

Lebih lanjut Erwan Tone menjelaskan, dasar pelaksanaan kegiatan ini melalui peraturan presiden RI nomor 6 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Selain itu, surat keputusan bupati nomor 27/01.4/I/ 2019 tanggal 11 januari 2019 pembentukan panitia pendampingan penginputan Emonep serta aplikasi sistem informasi realisasi fisik dan keuangan APBD 2019.

Maksud dilaksanakan kegiatan ini, Kata Erwan untuk memantau secara dini penyerapan realisasi anggaran terhadap perencanaan, pengendalian dan pelaporan seluruh OPD secara realtime.

” untuk melihat sejauh mana progres program/kegiatan APBD Kab.Gorontalo dalam peningkatan kebutuhan pelayanan kinerja bagi masyarakat luas,” Jelasnya.#[KP]

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Vidiyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button