POHUWATO

BUPATI POHUWATO LANTIK 483 ANGGOTA BPD SE POHUWATO

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

POHUWATO (KP) – Pemerintah Daerah kabupaten Pohuwato melantik anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) masa bakti 2018-2025. Pelantikan ini dihadiri langsung Bupati Pohuwato, Ketua DPRD, OPD dilingkungan Pemda Pohuwato, di gedung serab guna kampus Ichsan Pohuwato, Selasa (22/01/2019).

 

Pemerintah Daerah kabupaten Pohuwato telah sukses mengelar pemilihan BPD secara serentak di beberapa desa yang ada di kabupaten Pohuwato pada akhir tahun 2018 kemarin. Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tentang Pemilihan BPD di Pasal 2 huruf a, penduduk yang dengan jumlah 800 jiwa anggota BPD berjumlah 5 orang, huruf b, penduduk dengan jumlah 801-2200 anggota BPD berjumlah 7 orang sedangkan desa dengan jumlah penduduk 2200 anggota BPD nya 9 orang.

 

“Dengan melihat aturan diatas, ada beberapa desa yang mengalami penambahan anggota BPD yang secara tidak langsung ini bisa berpengaruh pada alokasi dana desa untuk masing-masing desa, karena didalamnya mengatur insentif atau tunjangan Ketua dan anggota BPD,” ungkap Bupati Syarif Mbuinga.

Pemilihan BPD di 69 Desa berjumlah 483 anggota, diantara yang menjadi pengurus BPD, selain dari masyarakat sipil, biasa ada juga yang berasal dari ASN.

Anggota BPD terpilih dilantik oleh Bupati Pohuwato H. Syarif Mbuinga S. Pd.I.,  MM dihadapan para undangan dan BPD  yang dilantik.

 

“Dengan mengucapkan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas Rahmad dan Taufiknya, pada hari ini Selasa 22 Januari 2019, Saya Bupati Pohuwato dengan resmi mengukuhkan anggota Badan Permusyawaratan Desa kabupaten Pohuwato masa bakti 2018-2024, Saya, Kami, Kita semua yang hadir dan masyarakat Pohuwato serta desa percaya saudara saudari dapat mampu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang di berikan,” ungkap Syarif sambil melantik 483 anggota BPD se kabupaten Pohuwato.

Dalam sambutannya bupati pohuwato H. Syarif Mbuinga mengucapkan selamat kepada anggota BPD yang telah terpilih dan berharap bisa bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi yang diamanahkan rakyat serta dapat bersinergi dalam hal pembangunan dan pengentasan kemiskinan

“BPD Bukan lawan Kepala Desa, BPD bukan musuh Kepala Desa, Kepala Desa bukan lawan BPD, BPD adalah mitra dari Kepala Desa, Mitra yang sejajar dan tidak saling membawahi,” tegas Syarif.

Bupati pohuwato lebih lanjut menharapkan ada sebuah orientasi, kursus kilat atau pelatihan yang di buat khusus untuk anggota BPD yang terpilih agar bisa memahami tugas dan fungsi untuk menjadi mitra yang sejajar dengan pemerintah Desa

Menariknya, Bupati yang bakal digadang sebagai Ketua DPD I Golkar Provinsi Gorontalo itu mengakhiri sambutannya dengan lantunan pantun. “Pohon cinta panoramanya indah nan sahdu, tempat kita menari bernyanyi nan merdu, kepala desa BPD bertemu nan terpadu, Insya Allah Desa dan rakyatnya maju”.#(KP/Jundi Dai)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker