KOTA GORONTALO

PEMKOT BANGKIT LAGI, OPTIMIS REBUT ADIPURA TAHUN INI

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Mahmud Marhaba

 

KOTA GORONTALO (KP) – Dalam Rapat Koordinasi membahas Adipura Tahun 2019 Walikota Gorontalo membutuhkan ada kerja sama antara OPD dan kecamatan agar bisa mencapai target dan bisa merebut piala adipura di 2019, Kamis (17/01/2019) Pukul 10.30 Wita bertempat di Aula Kantor Walikota Kota Gorontalo.

 

Dalam rapat Koordinasi tersebut Walikota Gorontalo menjelaskan beberapa indikator penilaian terkait dengan Adipura.

 

“Adipura merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertujuan untuk mewujudkan sebuah daerah yang bersih dan teduh. Jadi selain penilaian  tentang kebersihan, pengelolaan sampah juga menilai tentang keteduhan dan kehijauan daerah. Penilaian Adipura 2019 itu sendiri ini ada parameter yang ditambahkan, yaitu parameter target JakStrada Kota Gorontalo pada bulan September 2018 dalam target jakStrada 2018-2019 ada 20 indikasi minimal yang harus di penuhi oleh pemerintah,” jelas Walikota Gorontalo Marten Taha.

 

Jadi penilaian utama dalam Jakatrada adalah kemampuan daerah dalam melakukan penurunan timbunan sampah dan penanganan sampah oleh karena itu mulai 2019 ini, akan mulai di gelarkah kegiatan-kegiatan bersih sampah.

 

Selain kegiatan itu, pengurangan sampah juga akan di lakukan oleh bank sampah dan TPSJR (6 TPSJR) yang berada di Kota Gorontalo melakukan pengelolaan.

 

“Untuk indikator penghijauan, maka dilakukan gerakan penanaman pohon setiap hari Jumat yang lokasinya tiap OPD akan ditentukan,” ujar Marten Taha

 

Dirinya mengatakan dalam kegiatan ini dibutuhkah kerja sama antara OPD dan kecamatan agar bisa mencapai target dan bisa merebut piala Adipura di 2019. Penurunan timbunan sampah di Gorontalo saat ini sudah baik dari 140/m sekarang 69 sampai 20/m setiap hari.

 

“Kegiatan di TPR3R harus lebih digalakkan dan harus melibatkan masyarakat, termasuk setiap kelurahan ada bank-bank sampah dan membutuhkan dana sering dari pemerintah Kota Gorontalo. Hal ini membutuhkan Koordinasi kerja sama dengan seluruh OPD dan Camat/Lurah, untuk target JakStrada dan kita rebut  kembali Adipura tahun 2019,” Imbuhnya.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Junaidi Kiay Demak mengatakan penilaian Adipura akan dimulai pada bulan Maret 2019 termasuk persiapannya.

 

“Dukungan masyarakat untuk Adipura belum ada, jam 9 pagi masih terdapat masyarakat yang belum sadar buang sampah, tumpukan ranting pohon di jalan sampai hari ini masih banyak di mana-mana yang kami temui dan hal ini membuktikan pemahaman masih kurang. Padahal sudah ke 3 kalinya Adipura kelurahan ini juga baru 30% proaktif untuk kegiatan ini,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup.#(KP)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker