KABGOR

BANGUN KOLABORASI ANTARA DOSEN DAN PEMERINTAH, NELSON TANDATANGANI MOU BERSAMA ADI

Laporan : Jaringan Berita SMSI/ Humas

Editor : Mahmud Marhaba

 

LIMBOTO (KP) – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosisasi Dosen Indonesia (ADI) Gorontalo Periode 2018-2023 resmi dilantik. Acara yang diselenggarakan di gedung kampus Bina Mandiri Gorontalo, Kamis (17/01/2019) tersebut turut dihadiri BupatI Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo.

Nelson yang juga selaku mantan ketua DPD ADI pada kesempatan tersebut menyampaikan, ADI adalah organisasi profesi untuk mendorong para dosen menjadi profesional.

“Apalagi,saat ini para dosen itu disertifikasi, tujuannya dalam rangka mengembangkan keilmuan, berbudaya dan berahlak mulia. Dan Saya kira ini menjadi patokan bagi para dosen yang ada di Indonesia termasuk di Gorontalo,” Ungkap Nelson.

 

Lebih lanjut Nelson menjelaskan, perguruan tinggi kalau dilihat ada tiga komponen sebenarnya secara organisasi. Ada komponen pimpinan Perguruan Tinggi termasuk di swasta ada Asosiasi Perguruan Tinggi dan Asosiasi Pengelola Perguruan Tinggi.

 

Kompenen kedua, dosen dan ketiga mahasiswa. Nah, motor penggerak mewarnai Perguruan Tinggi itu terutama dosen dan karena disanalah tugas pokok para dosen itu dikembangkan, yaitu pendidikan, pelatihan dan pengabdian masyarakat.

“Karena itu, kita berharap melalui ADI anggota tetap, agar didorong menjadi profesional di tiga hal tadi,” tukas Neslon. Memang menjadi problema hari ini para dosen adalah untuk meraih guru besar adalah persyaratan lebih ketat,” tambah dia lagi.

 

Untuk itu, Nelson berharap, kalau pun diperjuangkan persyaratan dipermudah tetapi yang paling utama menyiapkan diri untuk mengikuti persyaratan itu.

 

“Jadi, kadangkala kita hanya menyalahkan persyaratan itu, tetapi kita sendiri tidak berupaya bagaimana persyaratan dibutuhkan tadi. Mudah-mudahan dengan ADI ini akan mendorong kolaborasi antara Perguruan Tinggi demi profesional tadi,” tandasnya.

 

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan Penandatangan MoU antara ADI dan Bupati Gorontalo untuk mendorong kolaborasi antara dosen dan pemerintah daerah dalam rangka mengimplementasikan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian secara bersama-sama.#(KP/HMS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker