KONTROLPOHUWATO

33 PEMILIK LAHAN DAMPAK BENDUNGAN RANDANGAN MASUK PEMBAHAN FGD AKHIR TAHUN PEMKAB POHUWATO

Laporan : Tim Kabar Publik

Editor : Mahmud Marhaba/ Ismail

 

GORONTALO (KP) – Pemerintah Kabupaten Pohuwato menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait permasalahan lahan pembangunan bendungan Randangan. Kegiatan Diskusi ini berlangsung di RM Dimas Terapung Desa Pohuwato Timur Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato, Rabu (26/12/2018) Pukul 09.00 Wita.

Dalam Giat di hadiri oleh pihak perwakilan BNP Pohuwato, perwakilan Desa Manunggal dan masyarakat yang belum mendapatkan ganti rugi lahan dari dampak pembangunan bendungan Randangan sebanyak kurang lebih dari 33 orang.

Adapun pembahasan dalam FGD tersebut yaitu mengenai pengembalian uang pemerintah ke KAS Negara yang saat ini telah dititip di Pengadilan, dimana yang seharusnya dana tersebut sudah disalurkan ke pemilik-pemilik lahan yang terkena dampak, namun masyarakat yang mengaku terkena dampak Pembangunan Bendungan Randangan tersebut belum melengkapi administrasi sesuai persyaratan yang diminta oleh pemerintah Provinsi Gorontalo dalam hal ini Balai Sungai Wilayah II Sulawesi (BWS Gorontalo), sehingga dana tersebut dikembalikan ke Negara.

Dari hasil FGD tersebut masyarakat yang terkena dampak pembangunan Bendungan Randangan menerima keputusan Pemprov Gorontalo yang telah menitipkan dana pembebasan lahan pembangunan Bendungan Randangan di Pengadilan.

Dari sebagian masyarakat yang sudah memenuhi syarat pembayaran Ganti Rugi Lahan dari dampak pembangunan Bendungan Randangan tersebut sudah ada yang langsung mengambil dananya di Pengadilan.

Untuk 33 warga desa Manunggal tersebut merupakan korban dampak genangan air Bendungan Randangan dimana lahannya saat ini masuk dalam zona bebas namun ada beberapa warga yang Administrasi kepemilikan lahan harus dilengkapi dan telah dilakukan verifikasi oleh BPN Provinsi Gorontalo, setelah mereka turun dan mempertanyakan soal ganti rugi kepada Pemerintah Provinsi.#(KP)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker