POLITIK

300 PEMILIH PEMULA GORONTALO DAPAT PENDIDIKANPOLITIK DARI DPP PARTAI GOLKAR

Laporan : Jaringan Berita SMSI
Editor : Ismail Abas/ Mahmud

 

GORONTALO (KP) – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, melakukan seminar nasional terkait dengan pendidikan politik bagi pemilih pemula, Sabtu (22/12/2018) di hotel Elita Kota Gorontalo.

 
Kegiatan yang mendapat restu dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartato dan Sekjen DPP Partai Golkar, Loudwelik Freidrich Paulus itu mendapat respon dan disambut baik oleh Ketua DPD I Partai Golkar, Rusli Habibie dan Ketua DPD II Partai Golkar Kota Gorontalo.

 
Pendidikan politik yang diikuti 300 peseta itu mengahadirkan pembicara utama, DR. Abd Razak Mozin, S.Ag., M.Si dan didampingi Mahmud Marhaba dari kalangan wartawan senior di Gorontalo.

 
Mahmud Marhaba, dalam pemaparannya mengatakan, media wajib melakukan pendidikan politik melalui berbagai tulisan, baik produk berita maupun tulisan opini. Ini penting karena pendidikan politik sudah selayaknya dilakukan untuk mencerdaskan masyarakat tentang pengetahun politik di tanah air.
“Penting bagi media untuk melakukan pendidikan politik melalui karya jurnalistik dan opini ke masyarakat. Itu merupakan suatu keharusan sebagai fungsi media dalam bidang edukasi,” ungkap Mahmud Marhaba selaku Ketua Serikat Media Siber Indonesia provinsi Gorontalo.

 
Ditambahkannya, saat ini masyarakat disuguhkan dengan berbagai informasi yang bebas, cepat melalui media sosial, namun belum tentu memiliki tingkat akurat yang tinggi bahkan bisa jadi terperangkap pada informasi hoax.
“Masyarakat wajib mempertimbangkan informasi yang didapat melalui media sosial seperti facebook dan lainnya. Lebih baik membaca informasi dari media online, karena tingkat keakuratannya sangat tinggi dan medianya memiliki penanggungjawab berita, alamat kantornya jelas dan medianya berbadan hukum,” tegas Mahmud Marhaba yang juga sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Gorontalo.

 
Sementara itu, Fungsionaris Partai Golkar, DR. Abd Razak Mozin, yang menjadi pembicara utama pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa Partai Golkar memiliki tanggungjawab yang besar dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia termasuk didalamnya pendidikan politik kepada pemilih pemula.

 

Dihadapan peserta seminar, Zack Mozin, demikian biasanya dirinya disapa mengatakan, jika masyarakat wajib mengetahui visi dan misi partai serta mengenal benar para calon yang akan duduk di legislative 2019 nanti.

 
“Kalian harus kenal betul Partai Politik peserta Pemilu 2019 serta mengenal benar siapa para calon yang akan didukung nanti untuk memperjuangkan aspirasi kaum muda di DPRRI, DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten kota. Dengan demikian kalian tidak terjebak dengan membeli kucing dalam karung,” tegas Abd Razak Mozin yang disambut tepuk tangan peserta seminar.

 
Dalam kegiatan itu juga, dilakukan sesi tanya jawab yang mendapat animo besar dari peserta seminar. Beberapa pemilih pemula mempertanyakan terkait dengan money politik. Mereka membeberkan data jika di Gorontalo masyarakat banyak yang terpengaruh dengan uang yang ditawarkan jelang pemungutan suara.

 
Menanggapi hal itu, Abd Razak Mozin tidak membantah akan data yang disampaikan itu. Dirinya malah memberikan warning kepada para pemilih pemula untuk berhati-hati atas jebakan sesaat berupa iming-iming uang untuk membeli suara rakyat.

 
“Jika suara saudara dibeli, maka jangan berharap saudara dapat menyalurkan aspirasi kepada caleg tersebut jika dirinya terpilih nanti di DPRD akibat money politik. Olehnya, jangan sekali-kali terjebak dengan bujuk rayu para caleg, apalagi dengan iming-iming uang,” tegas Rajak yang mendapat dukungan positif dari peserta seminar.

 
Abd Razak Mozin juga menjelaskan terkait politik gagasan dimana seorang Caleg harus memiliki gagasan dan program yang jelas terhadap kesejahteraan rakyat. Demikian pula dengan politik kebangsaan. Doktor komunikasi politik ini menegaskan jika seorang caleg harus memiliki nilai-nilai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945, dan NKRI.

 
Diakhir pertemuan itu, DPP Partai Golkar yang diwakili langsung oleh DR. Abd Rajak Mozin menyerahkan piagam kepada seluruh peserta dan berfoto bersama nara sumber.#

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker