HUKRIMKONTROL

LAHMUDIN CS DATANGI POLDA, KAPOLDA TEGASKAN KEMBALI KASUS DARWIS DALUARSA

Laporan : Tim Kabar Publik
Editor : Mahmud Marhaba/ Ismail Abas

 

GORONTALO (KP) – Perwakilan masyarakat Boalemo yang dipimpin oleh Lahmudin Hambali, Selasa (04/12/2018) mendatangi Polda Gorontalo.
Kedatangan mantan Wakil Bupati Boalemo ini mempertanyakan kelanjutan kasus Penganiayaan yang dilakukan Darwis Moridu tahun 2011 yang mengakibatkan korban meninggal dunia 6 bulan setelah dugaan penganiayaan itu.
Dalam perjalanan penyidikan, pihak Polres Boalemo menetapkan kasus ini di SP3 kan. Keputusan ini, belakangan digugat oleh LSM melalui Praperadilan. Hasilnya, pihak pelapor memenangkan Praperadilan pada 2 pekan kemarin. Kasus ini pun mejadi viral diberbagai media lokal dan nasional.
Dihadapan Lahmudin Cs, Kapolda Gorontalo, Brigjend Pol Drs. Rachmat Fudail, MH mengatakan dengan tegas jika perkara ini diambil alih oleh pihak Reskrim Polda.
“Sampaikan kepada masyarakat bahwa perkara ini sudah ditangani oleh Reskrim Polda Gorontalo dan penanganannya akan dilaksanakan secara profesional sebagaimana hasil putusan hakim dalam Praperadilan,” ungkap Kapolda Jenderal bintang satu ini melalui Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Wahyu Tri Cahyono.
Kabidkum ttg hasil Praperadilan bhw perkara ini sdh Daluwarsa Krn pasal 351 ayat 1 KUHP apabila dihubungkan dgn pasal 78 ayat 1 ke-2 KUHP,
Dalam pertemuan yang dihadiri Wadir Reskrimum Polda Gorontalo, mengungkapkan mekanisme penerapan pasalnya telah membuat tim untuk melanjutkan perkara ini.
“Tidak ada penetapan tersangka kepada Darwis Moridu, karena akan melihat dalam proses apakah perkara ini akan dilanjutkan ke Kejaksaan atau akan dihentikan (SP3) kembali,” ungkap Wadir Reskrim Polda Gorontalo.
Sementara itu, Kabidkum Polda Gorontalo menegaskan, tentang hasil Praperadilan bahwa perkara ini sudah Daluwarsa karena pasal 351 ayat 1 KUHP apabila dihubungkan dengan pasal 78 ayat 1 ke-2 KUHP.
“Kepada seluruh masyarakat Gorontalo khususnya Boalemo agar tetap tenang jangan terprovokasi, keamanan dan kondusifitas wilayah adalah yang utama,” ungkap Kapolda Gorontalo.
Kabid Humas, Wahyu Tri Cahyono, diakhir penyataannya mengatakan masyarakat Boalemo yang dipimpin oleh pak Lahmudin menyatakn bahwa mereka komitmen dengan pernyataan bapak Kapolda bahwa mereka juga akan menjaga situasi Kamtibmas khususnya di wilayah Boalemo karena itu adalah daerah mereka, tegas Kabid Humas Wahyu.#(KP)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker