PROV GORONTALO

PELAKSANAAN HKSN KALI INI BERBEDA. INI PENJELASAN KADIS SOSIAL PROVINSI GORONTALO

Laporan : Aldiyansah Kuice
Editor : Ismail Abas/ Mahmud

 

GORONTALO (KP) – Kepercayaan kepada pemerintah provinsi Gorontalo untuk melaksanakan agenda Nasional berupa Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang jatuh pada tanggal 20 Desember 2018 rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, benar-benar dipersiapkan dengan baik dan maksimal. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, Risjon Sunge, Sabtu (01/12/2018) di Warkop Regal yang disiarkan langsung oleh Radio RH.
Risjon Sunge, yang didampingi Kepada Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin Disos provinsi Gorontalo, Reni Pakaya, mengatakan tujuan HKSN dilakukan untuk menumbuhkan sikap dan perilaku masyarakat dalam berpartisipasi pada pelaksanaan gotong royong di tengah-tengah masyarakat.
“Pelaksanaan HKSN kali ini berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya. Di Gorontalo sendiri, pelaksanaan bukan hanya sekedar ceremoni saja, tetapi bagaimana mewujudkan kepedulian pemerintah dalam membantu orang mkiskin dengan memberikan bantuan yang sifatnya berkelanjutan,” ungkap Risjon Sunge.
Ditambahkannya pula, rencana kegiatan HKSN akan dilakukan di setiap kabupaten/ kota dengan agenda pemberian bantuan Sembako, pemberian bantuan perlengkapan sekolah, pengeobatan masyarakat, pemberian bantuan Disanbilitas, pemasangan kaki dan tangan palsu, penyuluhan Narkoba, penyerahan hak-hak sipil seperti akta kelahiran, penyerahan bantuan kacamata baca dan berbagai kegiatan sosial lainnya.
“Kegiatan ini berlangsung di setiap kabupaten/kota secara marathon, yang dikenal dengan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) yang rencana jadwal pelaksanaan dimulai dari Kabupaten Pohuwato (14/12) bertempat di lapangan pantai Pohon Cinta, Boalemo (15/12) bertempat di lapangan Bolihutuo, Kota Gorontalo (16/12) di Lapangan Buladu, Kabupaten Gorontalo (17/12) lapangan Batudaa, kabupaten Gorontalo Utara (18/12) di lapangan Batudaa yang akan diahadiri sekitar 1.500 orang disetiap kabupaten/ kota,” tegas Risjon.
Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Fakir Miskin Dinsos provinsi Gorontalo, Rein Pakaya, Puncak Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial (BBKS) akan dilaksanakan pada 19 Desember 2018 bertempat di lapangan IPPOT Tapa Bone Bolango yang akan dihadiri oleh Menteri Sosial RI bersama Gubernur Gorontalo, para Bupati, Walikota, SKPD serta mengahdirkan 1.500 masyarakat di kabupaten Bone Bolango. Kegiatan ini berupa pemberian penghargaan kepada Pilar-Pilar Sosial dan pemberian bantuan kepada PMKS, bakti sosial, pengobatan gratis, operasi katarak, operasi bibir sumbing, donor darah dan kegiatan sosial lainnya.
Sementara itu, pada tanggal yang sama, pukul 13.00 wita, Menteri Sosial RI akan meresmikan stand pameran di Sport Center Limboto kabupaten Gorontalo, sekaligus meninjau stand pameran tersebut.
Pada malam harinya, pukul 19.00 wita, akan dilaksanakan malam Refleksi sekaligus Talk Show yang akan dipandu oleh Effendi Ghazali yang didahului makan malam bersama dengan nara sumber dari Pusat dan daerah bertempat di gedung Belle li Mbui Kota Gorontalo.
Puncak Kegiatan HKSN ini dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2018 rencananya akan dihadiri kurang lebih 35.000 orang dengan para tamu dari berbagai daerah seperti asosiasi kotraktor dan pekerja bangunan, pilar-pilar sosial, warga transmigrasi, nasabah perbankan, penerima bantuan rumah layak huni, UMKM, petani, nelayan, mitra pangan, penerima sertifikat dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, serta masyarakat Gorontalo selaku tuan rumah HKSN.
“Sejumlah kegiatan HKSN ini mengundang 2.500 Asosiasi Kontraktor dan Pekerja Bangunan, tidak lain untuk mengugah para pengusaha untuk peduli terhadap kemiskinan. Bahkan, semua elemen masyarakat bisa terlibat dan peduli terhadap kemiskinan. Dampak positifnya, agar para UMKM, LSM dan organisasi Kepemudaan bisa tersentuh bantuan oleh para pengusaha tersebut,” ungkap Risjon.
Panitia sendiri, hingga hari ini telah menyediakan 1445 kamar hotel di Gorontalo, dimana sudah 824 yang terisi oleh para tamu yang akan datang dari berbagai provinsi dan kabupaten kota dari seluruh Indonesia, tegas Rein Pakaya.(KP)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker