KONTROL

KNPI DAN GRANAT BAKAL BERSINERGI, BENTUK RELAWAN ANTI NARKOBA DI GORONTALO

Laporan : Jaringan Berita SMSI Gorontalo

Editor : Ismail Abas/ KP

 

GORONTALO (KP) – Terinsipasi dari dialog yang di gelar di TVRI Gorontalo, Rabu 21 November 2018, DPD I KNPI Provinsi Gorontalo dan DPD GRANAT Provinsi Gorontalo bakal menjajal kerjasama dibidang pencegahan Narkoba dikalangan generasi muda. Kedua lembaga ini sepakat untuk bersama-sama bekerja dalam mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkotika dikalangan pemuda dan remaja khususnya para pelajar dan mahasiswa di provinsi Gorontalo.
Ketua DPD GRANAT provinsi Gorontalo, Mahmud Marhaba menyatakan bahwa dari data yang di release pihak Badan Narkotika Provinsi Gorontalo, terdapat 10.000 masyarakat Gorontalo yang terindikasi pengguna Narkoba. Ini merupakan warning besar untuk kita semua termasuk pemerintah provinsi dan Kabupaten/ Kota.
“Tidak ada cara lain untuk menekan laju pertumbuhan Pengguna, Pengedar dan Bandar Narkoba di Gorontalo, selain melakukan sosialisasi terhadap bahaya Narkoba dikalangan generasi muda termasuk didalamnya pelajar dan mahasiswa,” tegas Mahmud dalam dialog live TVRI Gorontalo.
Ditambahkannya, cara ampuh mengatasi para generasi muda agar tidak jatuh pada Narkoba adalah dengan melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan positif sehingga mereka terarah dan tidak mudah jatuh dalam pengaruh barang haram itu. Menurut Mahmud, generasi muda yang berada di tingkatan paling bawah, seperti desa dan dusun, harus dilibatkan secara positif dengan mengajak mereka menjadi Relawan Anti Narkotika.
“Dengan mereka jadi Relawan Anti Narkotika, maka secara otomatis mereka membentengi diri sendiri dan akan menjadi orang terdepan dalam membentengi kelurga mereka sendiri. Jika ada 10 hingga 20 orang di setiap dusun di setiap Desa dan kelurahan di daerah ini memberi diri menjadi Relawan, maka secara otomatis berdampak terhadap keluarga mereka dan akan memperkecil ruang gerak para Pengguna, Pengedar dan Bandar Narkoba,” tegas Mahmud.
Hal positif ini ditanggapi dengan serius oleh Ketua DPD I KNPI povinsi Gorontalo, Ghalib Lahindjun. Dirinya dengan serius akan melakukan Road Show bersama GRANAT ke setiap sekolah, baik di tingkat SD, SMP, SMA sederajat dan kampus-kampus di wilayah provinsi Gorontalo.
“Ide ini perlu diwujudkan untuk bisa mengkal peredaran Narkotika dikalangan generasi muda di Gorontalo. Banyaknya generasi muda yang jatuh dalam Narkoba menjadi ancaman serius bagi generasi kedepan. Kita akan segera duduk bersama dan merancang strategi kedepan, sehingga program ini bisa diwujudkan akhir tahun ini,” ungkap Ghalib yang baru saja terpilih sebagai Ketua DPD KNPI Provinsi Gorontalo.
Karena KNPI dan GRANAT memiliki pengurus hingga ke tingkat bawah, maka tegas keduanya, akan memaksimalkan juga pengurus yang ada ditingkat kabupaten/ Kota, Kecamatan dan Kelurahan/ Desa.
“Program ini berantai hingga ke pengurus yang paling terdepan yakni pengurus di tingkat Kelurahan dan desa,” tegas keduanya.#(SMSI)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker