KONTROL

INI 10 MEDIA SIBER YANG AKAN DI VERIFIKASI OLEH DEWAN PERS BERSAMA SMSI GORONTALO

Laporan : Jaringan SMSI Gorontalo

Editor : Arsad Tuna

 

GORONTALO – Dewan Pers akan melakukan verifikasi terhadap Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) cabang Gorontalo pada November 2018 mendatang. Ini dilakukan guna memenuhi persyaratan SMSI yang mendaftar sebagai konstituen Dewan Pers.
10 Media Siber tergabung di SMSI cabang Gorontalo. Hargo.co.id, adalah media yang mendaftar bersama radargorontalo.com, pojok6.com dan kronologi.id. Sementara 6 media Siber terdahulu sudah lama bergabung dan masuk dalam sebagai pengurus SMSI cabang Gorontalo antara lain, kabarpublikgo.info, pinogunews.com, lintasgorontalo.com, boalemonews.id, tatiyechannel.com dan infogorontalo.com.
Mahmud Marhaba, Ketua SMSI cabang Gorontalo mengatakan, meski verifikasi SMSI cabang Gorontalo akan dilakukan pada bulan November, namun persiapan berkas administrasi terhadap sejumlah media terus dilakukan.
“Lebih awal kita mempersiapkan administrasi yang dibutuhkan untuk kebutuhan verifikasi oleh Dewan Pers,” ungkap Ketua SMSI cabang Gorontalo, Mahmud yang juga sebagai Pemimpin Redaksi kabarpublikgo.info.
Ditegaskan Mahmud, berkas yang wajib dilengkapi oleh media siber antara lain, badan hukum perusahan pers seperti PT, Yayasan atau Koperasi yang sifatnya tunggal, atau usaha perusahan pers tersebut tidak dicampur dengan usaha lainnya seperti konstruksi, pengadaan barang dan jasa, dan lain sebagainya.

Demikian juga, perusahan pers wajib menaati peraturan Dewan Pers nomor 1 tahun 2010, dimana pemimpin redaksi harus mengantongi kompetensi Utama.
“Untuk menjawab semua kewajiban perusahan pers, maka SMSI akan mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kepada media Siber yang bergabung dengan SMSI.

Mereka wajib mengikuti UKW baik sebagai Pemred, Redaktur maupun Reporter,” ungkap Mahmud.
Dari data wartawan media Siber yang ada di SMSI cabang Gorontalo, diperkirakan akan dilaksanakan UKW untuk wartawan Utama 2 kelas, wartawan Madya 1 kelas dan wartawan Muda 2 kelas, dimana setiap kelas hanya ada 7 wartawan dengan 1 penguji dari PWI Pusat.
“InsyaAllah, akhir Oktober SMSI cabang Gorontalo akan melaksanakan UKW yang akan difasilitasi penyelengaraannya oleh PWI Provinsi Gorontalo. Hal ini dikarenakan, penyelenggaran UKW adalah PWI sementara biaya penyelengaraan dibebankan kepada SMSI cabang Gorontalo,” tegas Mahmud.##(KP)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Vidiyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button