KONTROL

GUBERNUR UNGKAP SEJARAH KEMANUNGGALAN TENTARA DAN RAKYAT

Laporan KP: Aldiyansah
Editor : Mahmud Marhaba

 

GORONTALO (KP) – Upacara Pembukaan TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 102 Tahun 2018 Diwilayah KODIM 1304/Gorontalo yang dilaksanakan di Lapangan kantor Camat Desa Bongo Dua Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo. Selasa (10/07/2018) Pukul 08.30 Wita.

Sebelum Beranjak ke lokasi Upacara Pembukaan Gubernur Rusli Habibie, Kapolda Gorontalo Rachmat Fudail, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni, Brigjen TNI Joseph Robert Giri Danrem 131/Santiago di sambut hangat dengan adat Motilolo oleh Pemda kabupaten Boalemo dan ratusan masyarakat setempat.

Sambutan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan bahwa Kemanunggalan Tentara dengan rakyat sudah sejak lama terbangun dan dipeliíhara sehingga menjadi tradisi dan budaya Republik ini. Banyak sejarah mencatat tentang kesatuan rakyat dan Tentara dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Mulai dari periode pra kemerdekaan hingga mengisi kemerdekaan Tentara dan rakyat bahu membahu membangun Negara dan Bangsa yang kita cintai ini. Tidak ada keraguan sedikitpun dari peran Tentara dalam mengisi pembangunan karena sudah banyak bukti dan fakta sejarah tentang loyalitas Tentara pada rakyat Indonesia. Di Gorontalo sejarah juga mencatat proses perjuangan kemerdekaan di Provinsi Gorontalo melalui proses kemanunggalan Tentara dan rakyat Gorontalo yang ketika itu dipimpin oleh Nani Wartabone dan alhamdulillah telah berhasil memerdekakan tanah Gorontalo dari cengkeraman penjajah,” Tutur Rusli Habibie

Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian lembaga non pemerintah dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat di wilayah masing-masing Program ini juga merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan Negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan serta keamanan dalam bentuk apa pun yang dapat menimbulkan ketidakstabilan keamanan dan ketentraman di daerah ini.

Kemudian pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, yaiłtu kepada pimpinan TNI, Polri, Bupati, Camat, Kepala Desa dan sebagai informasi saat ini pembangunan di Provinsi Gorontalo terus dilanjutkan dengan mengusung 8 program unggulan sesuai dengan arahan dalam RPJMD 2017-2022, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Ekonom, Pemerintah yang lebih melayani, Agama, Budaya serta Pariwisata dan Lingkungan.

TNI Angkatan Darat bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia bersama seluruh jajarannya.

Selain itu, kerjasama dilakukan dengan Bappeda Provinsi, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi (BPMPDP) serta Pemerintah Daerah atau Kabupaten Kota.#(KP)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker