OPINI

EKONOMI DAN BENTOR GORONTALO

Penulis : Nurhadi Yayan Taha, S.Pd

TRANSPORTASI unik serta menjadi sebuah Ikon kebangaan Rakyat Gorontalo itu adalah bentor ( Becak Motor) Ada banyak yang bertanya ke saya siapa penemu Bentor Gorontalo, penemumya saya tidak tahu persis karena tak ada lisensi soal ini , tapi jelasnya bahwa dulu bentor saya kenal saat itu pertama kali di operasikan oleh om Imran warga kelurahan Tomulobutao Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo, pada tahun 1998, Ia berada di sampimg kiri penumpangnya , pada perkembagannya kreativitas rakyat Gorontalo bentuk dan modelnya mengalami perkembamgan penumpangnya sudah ada di depan dan drivernya ada di belakang menurut para pengrajin bentor model dan bentuk bentor di modifikasi ini karena soal kenyamanan drivernya juga alasan teknis lainnya.

Sejarah lahirnya bentor di Gorontalo ada beberapa versi salah satunya alasan mengapa bentor ini lahir karena situasi yang mendesak saat itu Pemerintahan Kota Gorontalo di bawah kepemimpinan pak Medi Botutihe ingin mempertahankan Gelar Penghargaan Adipura di mana dulu di Gorontalo di kenal dengan kota andong atau populisnya Bendi , transportasi tradisioanal yang di derek mengunakan kuda, angkutan ini dilihat dapat merusak wajah kota karena soal kotoran yang berasal dari dubur kuda sehigga pemerintahan saat itu meminta kepada semua ahli teknik untuk dapat memikirkan penganti transportasi ini maka lahirlah ide bentor ini. Singkatnya gagasan ini di respon oleh Gubernur Gorontalo saat itu bapak Fadel Muhammad dengan melegalkan bentor sebagai transportasi tradisional ikon Gorontalo yang di atur dalam Perda No 6 tahun 2006 yang dijabarkan pada Pergub no 18 tahun 2006 dan di Kota Gorontalo di atur dalam Perwako no 1 tahun 2007 maka bentor telah menjadi sebuah kenderaan yang diolah dan di produksi oleh rakyat Gorontalo dan cita cita untuk meraih Adipura pun tercapai Pemkot mendapatkan Adipura kembali dengan kesuksesan bisa mentransformasi kenderaan yang bisa ramah lingkungan adalah Bentor.

Pada masa perkembagannya produksi bentor menurut beberapa catatan telah di produksi sebanyak 32 ribu. Tak hanya itu bentor telah menjadi lapangan pekerjaan Baru bagi rakyat bila 32. Ribu bentor yang beroperasi maka di hitung dengan jumlah penduduk Gorontalo sebanyak Sejuta lebih maka ada 10 % Rakyat yang bergantung pada modal transportasi ini belum lagi kalau kita bicara penyumbang PAD Gorontalo sebanyak 4, 8 Miliar maka bentor lah pemyumbang PAD terbesar dari izin SIM yang administrasinya menjadi kata kunci dari pengoperasioalan abang bentor dalam beraktivitas, belum lagi soal kebutuhan Keseharian yang semuanya bergantung pada modal transportasi ini.

Selamat berjuang abang bentor Gorontalo kami warga Gorontalo bangga kita mempunyai produk yang menjadi ikon kita dan menjadi pahlawan ekonomi baru bagi rakyat dan telah menjadi mahakarya kita rakyat Gorontalo. Allahu Akbar…. Allahu Akbar….##

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
http://Vidyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button