BERITA

POLDA GORONTALO DAN SELURUH KEPALA DAERAH SE PROVINSI GORONTALO GELAR PENANDATANGAN NPHD

Editor : Mahmud Marhaba

 

GORONTALO (KP) – Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) merupakan suatu prasyarat yang harus dipenuhi/dilengkapi dalam pengelolaan keuangan daerah khususnya dalam pemberian hibah sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 168/PMK.07/2008 tentang hibah daerah. Hal inilah yang kemudian dijadikan oleh Polda Gorontalo guna menghimpun hibad dari para Kepala Daerah se-Propinsi Gorontalo. Sebagaimana diinformasikan sebelumnya bahwa dalam pembangunan SPN Batudaa di Propinsi Gorontalo, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs, Rachmad Fudail, MH telah mendapatkan banyak dukungan baik dari Pemerintah Daerah maupun komponen masyarakat, BUMD dan yang lainnya.

Dari Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota, masing-masing mengalokasikan anggaran untuk pembangunan SPN sebesar Rp 3,3 Milyar yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan Barak dan Kelas, sedangkan dari Pemda Propinsi mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5 Milyar yang akan disiapkan untuk pembangunan gedung utama SPN Batudaa, sementara dari komponen masyarakat, BUMD maupun yang lainnya sudah banyak yang memberikan dukungan, mulai dari pembangunan Masjid, Pembangunan Kelas, Pembangunan Gedung Olahraga, Pembangunan saluran air, pembangunan jalan, pemasangan listrik, dan lain sebagainya.

Banyaknya dukungan dari seluruh pihak tersebut membuktikan adanya keinginan/ semangat yang sama untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui Pembangunan SPN. Akan tetapi tentu dalam hal pemberian bantuan hibah, tidak bisa dilakukan sekedarnya dan aturan yang harus dipedomani sebagaimana diatur dalam Permenkeu diatas tentang Hibah Daerah, salah satunya adalah dengan dilengkapinya NPHD, sehingga antara pemberi hibah dan penerima hibah tidak timbul masalah dikemudian hari.

Oleh karena itu maka pada hari Rabu (4/10/2017) pukul 08.00 wita, di salah satu Ruang Kelas di SPN Batudaa telah digelar acara penandatanganan NPHD antara Polda Gorontalo dengan seluruh Kepala Daerah Se-Propinsi Gorontalo. Acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Gorontalo, Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. Idris Rahim MM, Seluruh Bupati dan Walikota Gorontalo, Ketua DPRD Propinsi dan kabupaten/Kota, Wakapolda, Para PJU, Para tokoh masyarakat dan juga para pihak yang telah memberikan hibah kepada Polda Gorontalo dalam pembangunan SPN.

Di awal sambutannya Kapolda menyampaikan bahwa sinergitas dan kerjasama akan membawa kejayaan. “Ada 3 hal yang bisa dijadikan pedoman dalam kita bekerja, pertama sinergitas dan kerjasama akan membawa kejayaan, tanpa ada kerjasama maka sulit untuk mencapai target yang diharapkan, kedua adalah team work, dalam mencapai tujuan maka kita butuh kerja tim yang kuat, kita tidak bisa mencapai tujuan kalau kita kerjakan seorang diri tanpa dukungan dari tim, maka kerja tim sangatlah penting guna memenuhi target, dan yang ketiga adalah soliditas, artinya tim yang kita buat harus bisa solid dan kompak, segala persoalan dihadapi secara bersama saling mengisi dan memberikan masukan berupa solusi sehingga setiap persoalan bisa dihadapi secara bersama,” ungkap Kapolda.

 

Pada kesempatan itu juga Kapolda Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail, MH memaparkan perkembangan pembagunan SPN berikut Site Plan Pembangunan SPN. Seluruh yang hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kapolda dengan memberikan tepuk tangan yang meriah dari seluruh tamu undangan. Dalam paparannya Kapolda menjelaskan bahwa SPN yang akan dibangun nantinya tidak hanya untuk pendidikan Bintara Polisi saja akan tetapi multi fungsi.

“SPN yang kita bangun nantinya multi fungsi, tidak hanya untuk pendidikan dan latihan Bintara Polri tetapi bisa dimanfaatkan untuk peningkatan SDM ASN, peningkatan kualitas SDM Perusahaan maupun SDM BUMD, selain itu juga bisa dijadikan tempat training center olahraga bagi para atlet-atlet Gorontalo, dan juga sebagai tempat wisata dan hiburan karena saat ini ada bantuan dari Pemerhati lingkungan dari Kabupaten Gorontalo Utara yang setiap minggu melakukan penanaman tanaman buah disekitar SPN ini, sehingga nantinya SPN dapat dimanfaatkan untuk masyarakat,” jelas Kapolda.

Ungkapan terima kasih Kapolda kepada seluruh pihak atas dukungannya dalam membangun SPN, dan berharap agar dengan adanya SPN nanti dapat terlahir putra-putra Gorontalo yang berkualitas dan kompeten menjadi Polisi yang Promoter guna menjaga Kamtibmas di wilayah Gorontalo.

Sementara itu, Wakil Gubernur DR. Drs. Idris Rahim, MM dalam sambutannya, mengucapkan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Kapolda Gorontalo tersebut.

“ Saya mewakili Gubernur dan Pemerintah Daerah Propinsi Gorontalo sangat mengapresiasi terkait apa yang telah dilaksanakan oleh Kapolda Gorontalo yang begitu luar biasa memiliki tekad membangun Gorontalo. Kapolri sejak tanggal 16 Juli lalu telah mengeluarkan Surat Keputusan tentang Pembangunan SPN, jika dihitung hingga bulan sekarang sudah sekitar 3 bulan, itu merupakan waktu yang singkat, akan tetapi dengan tekad yang kuat dari pak Rachmad Fudail, maka pembangunan SPN sudah berjalan. Seandainya tidak diawali dengan tekad yang tinggi dan harus menunggu proses pencairan dari dana daerah, belum tentu tahun 2018 akan bisa operasional. Artinya apa yang dilakukan Kapolda bisa mempersingkat waktu, dimana tahun 2018 SPN sudah siap operasional,” ungkap Wakil Gubernur sambil menambahkan NPHD yang dilaksanakan hari ini merupakan syarat yang harus dilengkapi dalam pemberian dana hibah daerah, sehingga apa yang dilakukan Polda sudah sangat tepat.

Wakil Gubernur mengajak seluruh tamu undangan untuk terus mendukung pembangunan SPN ini karena nantinya masyarakat Gorontalo yang akan mendapatkan manfaatnya. “Kita harus terus dukung pembangunan SPN ini, toh nanti masyarakt Gorontalo yang akan memanfaatkannya,” kata Idris.

Kabid Humas AKBP Wahyu Tri Cahyono, SIK terkait kegiatan penandatangan NPHD menjelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh bapak Kapolda pada hari ini adalah guna memenuhi syarat administrasi dalam penerimaan hibah dari para kepala daerah.

“Giat hari ini yaitu penandatanganan NPHD antara Polda Gorontalo bersama seluruh Kepala Daerah se Propinsi Gorontalo adalah untuk melengkapi persyaratan administrasi dalam pemberian maupun penerimaan hibah, sehingga kedepannya nanti antara pemberi dan penerima tidak ada masalah, atau disalahkan karena ketidaktertiban dalam administrasi,” kata Wahyu.

“Dengan penandatangan hari ini, kita berharap seluruh Kepala Daerah bisa segera mencairkan anggarannya / mentransfer ke rekening Polda yang sudah disiapkan, sehingga dapat segera digunakan untuk membiayai pembangunan SPN yang saat ini sudah berjalan,” tutup Wahyu.(KP/HMS Polda)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker