BERITA

JAGA KEASLIAN KOPI PINOGU, PERINDAGKUM BONBOL GELAR PELATIHAN PENYAJIAN KOPI ALA BARISTA

Laporan : Tim Kabar Publik
Editor : Mahmud Marhaba
BONBOL (KP) – Guna menjaga keaslian kopi Pinogu yang kini beredar luas di Gorontalo pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, pemerintah daerah kabupaten Bone Bolango melalui Dinas Perindagkop dan UMKM menggelar pelatihan penyajian kopi ala Barista yang diselenggarakan tanggal 25 Agustus 2017.
Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Bone Bolango, Ishak Ntoma, itu berjalan dengan lancar dan sukses. Pasalnya, kegiatan ini menghadirkan pencinta kopi Pinogu dan petani kopi dari desa Pinogu itu sendiri.
Kadis Perindagkop-UMKM kabupaten Bone Bolango, Irvan Gobel, dalam keterangannya kepada wartawan Kabar Publik mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah bagaimana mengembangkan kopi Pinogu itu sendiri untuk menjadi konsumsi umum dengan kualitas yang baik dan modern.
“Petani dan masyarakat hanya tahu tentang cara membuat kopi seadanya saja, tapi kami memberikan pengetahuan teknik penyajian kopi ala Barista, sehingga kopi ini akan menjadi mahal dan kita tetap menjaga keasliannya sehingga kedepan disajikan secara modern,” ungkap Kadis Irvan Gobel.
Salah seorang peserta pelatihan, Syamsudin Yenteo atau biasa dikenal dengan nama panggilan Kiang Siaman, yang merupakan pemilik kedai Kopi Pinogu di kompleks pertokoan Murni Kota Gorontalo, kepada kabarpublikgo.info mengatakan pelatihan tersebut sangat bagus dan bermanfaat kepada para penjual kopi dan petani kopi Pinogu.
“Pelatihan ini sangat baik dan bermanfaat kepada saya sebagai penjual kopi. Saya termotifasi untuk memoderenkan sajian Kopi Pinogu. Apalagi pangsa pasar saya adalah turis manca negara. Sebab Kopi Pinogu The Best Organic Coffee,” ungkap Kiang Siaman sambil menjamin kualitas kopi Pinogu yang dijualnya tetap terjaga.
Sementara itu, Wilanty Liputo, salah seorang pelaku UMKM yang sudah mengeluti kopi Pinogu sejak tahun 2012 mengatakan jika pelatihan yang dilakukan oleh Dinas Perindagkum Bone Bolango sangat bermanfaat bagi dirinya dan juga para pelaku bisnis kopi Pinogu.
“Kopi Pinogu sangat baik kualitasnya. Jika mengkonsumsi kopi ini tidak bermasalah dengan lambung bagi mereka yang berpenyakit maag, karena cafeinnya 0,61 persen,” tegas Wilanty sambil menambahkan jika kopi Pinogu tidak terkontaminasi dengan pupuk dan hidup diatas ketinggian.
Untuk menjaga kualitas kopi Pinogu yang baik, pihak pemerintah Bone Bolango melalui dinas Perindagkum dan dinas terkait mengawal secara bersama agar kopi ini terus menjadi kopi pilihan masyarakat luas yang dijadikan sebagai produk bisnis mereka. (KP)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
http://Vidyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button