KABGOR

KAK FORY: PRAMUKA ORGANISASI TERSTRUKTUR, POROS AGEN PERUBAHAN BAGI PEMUDA

Laporan : KP – HUMAS
Editor : Mahmud Marhaba

LIMBOTO (KP) – Pramuka sebagai organisasi terstruktur. Pramuka bukan suatu elemen yang mudah digoyangkan oleh siapapun. “Pramuka Organisasi tangguh yang siap digarda terdepan,”Tegas Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Gorontalo saat membuka Kema Bakti tingkat kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo,Sabtu 12 Agsutus 2017 kemarin.
Kegiatan yang akan dilaksanakan hingga 15 Agustus 2017 besok, diikuti kurang lebih 400 peserta (siswa SD, SMP dan SMA) dengan pendamping terdiri dari 12 Gudep sampai dengan 2 Gudep SMP dan I Gudep SMA.
Pramuka selalu mengedepankan diri dan terjun langsung di tingkat masyarakat hingga tingkat bawah. “Insya Allah Pramuka itu bukan dianggap Pramuka yang ada di sekolah, Pramuka yang selalu ada dilapangan namun Pramuka yang selalu berkontribusi dan berpartisipasi langsung untuk kemaslahatan rakyat,” ujar kak Fory.
Kak Fory menambahkan, program Pramuka di Kabupaten Gorontalo selalu diintegrasikan dengan 10 program PKK. Karena PKK selalu selaku mitra Pemerintah daerah yang senantiasa terintegrasi dan terkolaborasi dengan program seluruh OPD di Kabupaten Gorontalo.
Kegiatan Kema Bakti selain memperingati Hari Gerakan Pramuka ke-56 juga dirangkaikan HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-72.
“Semoga perkemahan ini dapat mendorong perkembangan, kemandirian gerakan Pramuka yang senantiasa untuk mempercepat pembentukan karakter kaum muda yang baik,” pungkas Ka Kwarcab Kak Fory Naway
Lebih lanjut Kak Fory menjelaskan, agenda seperti ini bukan hanya kita yang melaksanakannya, namun di tingkat Pusat kegiatan ini akan dipusatkan pada tanggal 14 Agustus di Cibubur yang Insyaallah akan dibuka Presiden Jokowi.
Oleh karena itu, dirinya berharap kedepan keterlibatan seluruh anggota Pramuka baik di tingkat, SD, SMP hingga SMA (sederajat).
“Mari kita laksanakan secara bersama, terutama kepada generasi muda yang nota benenya sebagai agen perubahan. Pada era globalisasi pramuka pantang mundur, Pramuka kita solid komitmen bangun Pramuka lebih maju lagi,”Harap Kak Fory
Pada kesempatan itu juga, Ka Kwarcab Kak Fory Naway menyampaikan titipan salam dari Ketua majelis pembimbing cabang (Kamabicab) Kak Nelson Pomalingo selaku Bupati Gorontalo.

Beliau, Kak Nelson Pomalingo menitipkan salam, terutama kepada seluruh adik-adik peserta Pramuka. Insyaallah beliau, Kamabicab meminta waktu bertemu dan melaksanakan kegiatan seperti ini sambil menunggu kakak-kakak yang saat ini mengikuti Raimuna Nasional.

“Kamabicab ingin sekali menyapa adik-adik dan kakak-kakak pengurus Pramuka hingga para instruktur dan pelatih. Tak lupa juga kita sampaikan ucapan terima kasih kepada beliau Bapak Bupati yang sekaligus Kamabicab kabupaten Gorontalo, selama ini membina dan menggerakan seluruh potensi anak-anak melalui gerakan pramuka,” ungkap Ka Fory.
Selain itu kak kwarcab Fory Naway mengingatkan, mengenai pengucapan Satya Pramuka dalam ungkapan itu mengandung arti dan makna yang sacral. Untuk kita semua maknai karena tangan kanan kita mengangkat kacu pramuka dan diletakan di dada kemudian kita berjanji Pramuka bukan suatu elemen yang mudah digoyangkan oleh siapapun.
Secara pribadi dan mewakili gerakan Pramuka Kabupaten Gorontalo ucapan terima kasih kepada Kamabicab yang selalu mendukung seluruh program kegiatan yang dilaksanakan oleh Pramuka dan untuk seluruh pengurus Kwartil Ranting Cabang permohonan secara pribadi dari saya selalu kak kwarcab karena tidak seluruhnya hadir karena masih mengikuti Raimuna Nasiona.
Akhirnya satu kata untuk kita semua “SATU HATI , SATU TEKAD , SATU PRINSIP UNTUK GERAKAN RAMUKA KABUPATEN GORONTALO,”
SATYAKU KUDHARMAKAN , DHARMAKU KUBAKTIKAN, JAYALAH INDONESIA JAYALAH GORONTALO YANG GEMILANG, tutup Kak Kwarcab.(KP/HMS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker