KABGOR

HINDARI CALO SAAT PENGURUSAN DOKUMEN DI CAPIL KABGOR

LAPORAN : RAHMAN MAHABU

LIMBOTO (KP) – Program pemerintah pada dasarnya untuk membantu masyarakat agar tidak terbebani dengan berbagai hal, termasuk membebaskan mereka dari berbagai tuntutan pembayaran administrasi seperti saat melakukan pengurusan kartu keluarga, akta kelahiran serta dokumen lainnya. Meski dilaksanakan secara gratis, masih saja ada pihak yang memanfaatkan situasi ini dengan meminta imbalan. Untuk menghindari pihak-pihak yang memanfaatkan situasi dalam pengurusan akte dan dokumen lainnya, maka pemerintah melalui Dinas Catatan Sipil menyampaikan kepada masyarakat agar datang dan mengurus sendiri ke Dinas Catatan Sipil (Càpil)

Kepala Dinas Capil Kabupaten Gorontalo, John Rahman saat di temui awak media di ruang kerjanya, Senin (27/03/2017) mengatakan bahwa setiap masyaralat yang mengurus akta kelahiran, akta kematian, kartu keluarga dan dokumen lainya, maka diharapkan agar datang langsung ke kantor Capil  dan tidak menggunakan Calo. Ini dihimbau agar saat mengurus nanti, tidak ada kesalahan dalam mencantumkan nama, hari, bulan dan tahun kelahiran, sehingga tidak berdampak fatal bila hal tersebut terjadi.

“Bila ada akta kelahiran atau kartu keluarga yang salah dalam mencantumkan nama, maka mudah saja untuk diperbaiki pada saat menerima akta atau dokumen lainnya saat dalam pengurusan. Namun bila terjadi kesalahan atau ada perbedaan dengan dokumen lainya maka untuk memperbaikinya harus melalui sidang Pengadilan Negeri,” ucap John Rahman selaku Kadis Capil kabupaten Gorontalo. (*MM)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker