KABGOR

PEMKAB JAJAKI PEMBANGUNAN PELABUHAN DI BILATO

LAPORAN : RUSTAM DUMBI / RONI (HUMAS)

LIMBOTO (KP) – Pemerintah kabuaten Gorontalo, disamping berencana akan membangun Rumah Sakit di Wilayah Boliyohuto Cs, kedepan Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga akan membangun Dermaga Kapal atau Pelabuhan di Wilayah Boliyohuto tepatnya di Desa Taulaa Kecamatan Bilato.

Hal tersebut dikatakan Bupati Nelson Pomalingo dalam kunjungan kerjanya Senin (21/03) di Kecamatan Bilato sebagai kunjungan perdananya bersama Wakil Bupati Gorontalo Fadli Hasan.

“Mengingat Pelabuhan yang ada di Kota Gorontalo tidak memungkinkan lagi untuk dikembangkan, maka kami bercita-cita untuk membangun pelabuhan yang besar di wilayah Selatan pantai Gorontalo. Bilato adalah lokasi yang sangat strategis apalagi terletak diantara beberapa daerah di Provinsi Gorontalo. Lokasinya sangat memungkinkan untuk dikembangkan,” tutur Nelson.

Untuk memuluskan hal tersebut kata Nelson, Pemerintah Daerah saat ini sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, baik Pemerintah Provinsi hingga ke Pemerintah Pusat, juga para Wakil Rakyat kita yang berada di Provinsi hingga yang berada di Pusat. Bahkan Pemerintah Daerah juga berencana akan membangun jembatan di muara sungai Bilato untuk menghubungkannya dengan wilayah Boalemo.

Melihat  kondisi kemiskinan di Bilato yang masih sangat tinggi, Nelson mengatakan, akan memberikan perhatian khusus dalam mengurangi angka kemiskinan yang ada. “Potensi alam yang sangat berlimpah namun kenyataannya kemiskinan di Kecamatan Bilato tercatat 60 % dari jumlah penduduknya yang hanya 9 ribuan. Ini akan menjadi perhatian dari Pemerintah Daerah,“ tukas Nelson.

Menurutnya pula, yang membuat angka kemiskinan di Kecamatan Bilato ini sangat tinggi dikarenakan masih minimnya akses jalan yang bisa membantu warga dalam beraktifitas.

”Tantangan kita saat ini bagaimana mengurangi kemiskinan dan angka pengangguran. Beruntung saat ini Pemerintah Provinsi sementara membuka akses jalan yang menghubungkan wilayah pesisir Selatan yang akan melalui Kecamatan Bilato. Hal ini akan mempermudah akses masuk dan keluar dari Kecamatan Bilato, dan nantinya pula akan mempermulus akses jika nanti Pelabuhan Bilato telah terbangun,” pungkasnya Nelson penuh optimis. (*MM)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker