KOTA GORONTALO

JELANG PENILAIAN ADIPURA, INFRASTRUKTUR KOTA BELUM MAKSIMAL

LAPORAN : RUSTAM DUMBI (GORONTALO)

KOTA GORONTALO (KP) – Dalam rangka menghadapi penilaian Adipura, yang akan dimulai pada bulan April mendatang. Pemerintah Kota sedang melakukan pembenahan dalam penataan tata kota. Penilaian penghargaan Adipura mencakup pengelolaan kebersihan, Ruang Terbuka Hijau (RTH), pengendalian pencemaran air dan pengendalian pencemaran udara.
Namum dalam menuju sebuah pencapaian standar kualitas lingkungan yang sesuai dengan persepsi masyarakat, serta kategori penilaian adipura, ada hal yang menarik yang di alami oleh pemerintah Kota Gorontalo terutama dalam kategori infrastruktur serta pengelolaan kebersihan yang akan menjadi kendala utama pemerintah Kota Gorontalo dalam pencapaian penilaian Adipura.
Tentunya hal ini disebabkan beberapa ruas jalan di wilayah Kota Gorontalo yang masih nampak kotor dimana banyaknya tumpukan sampah plastik yang menyebar dipingiran jalan.
Seperti di ruas jalan Durian Kota Gorontalo, dari hasil pantauan wartawan KP, selain ruas jalan terendam air akibat luapan air dari selokan, juga nampak terlihat tumpukan sampah plastik menghiasi ruas jalan tersebut.
Sementara itu infrastruktur seperti drainase nampaknya tidak bisa menampung debit air akibat guyuran hujan yang melanda Gorontalo akhir-akhir ini. Entah apa penyebab sistem drainase di wilayah ruas jalan Durian ini tidak berfungsi dengan baik.
Menurut warga sekitar, setiap musin penghujan ruas jalan itu menjadi langanan banjir dadakan. Bahkan akhir-akhir ini pada musim penghujan beberapa halaman rumah milik warga di sekitar ruas jalan itu terendam air yang nyaris masuk ke dalam rumah.
Dirinya berharap pemerintah Kota Gorontalo meninjau lokasi tersebut, karena menurutnya, jika tidak segera diatasi, genangan air bisa saja mengakibatkan sumber penyakit di wilayah itu. (*MM)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker