GORONTALO UTARAKONTROL

SISWA TANPA NOMOR INDUK, KINERJA KEMENAG WILAYAH GORONTALO DIPERTANYAKAN

LAPORAN : ARSYAD TUNA

GORUT (KP) – Nomor Induk Siswa merupakan bukti identitas seseorang yang wajib dimilikinya di saat sementara mengenyam pendidikan. Hal ini mengingat bahwa bukti legalitas ijazah seseorang harus mencantumkan nomor induk siswa yang bersangkutan.

Lain halnya yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairat Tolango, Kecamatan Anggrek, Gorontalo Utara. Sejumlah siswa alumni madrasah ibtidaiyah ini yang sekarang sudah duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah belum mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Rasdi Hulopi salah satu dari sekian banyak orang tua siswa yang tak ber NISN itu kepada media ini menyesalkan kejadian itu. Nomor induk itu kan bukti identitas, “Bagaimana nasib anak kita setelah itu ijazahnya dipertanyakan karena tidak ada Nomor Induk??” Kata Rasdi Hulopi.

Ditambahkannya, ini bukti ketidakmampuan Kementerian Agama dalam memanage sistim pendidikan di lingkup kemenag, kalau seperti itu yah di bubarkan saja, agar anak anak kami tidak kan menjadi korban nanti, ketus Rasdi Hulopi.

Sementara itu setelah hal ini di konfirmasi ke pihak Madrasah Ibtidaiyah Tolango, Lena Durand, Kepala MI Alkhairat Tolango membenarkan bahwa memang ada 3 angkatan alumni siswa yang berasal dari sekolahnya belum mendapatkan nomor induk. “Memang benar pak, tapi saya telah banyak melakukan upaya ke pihak kanwil kemenag tentang hal ini,” kata ibu Kepala Sekolah yang juga Ibu Camat Anggrek ini.

Senada dengan Kepala Madarasah Ibtidaiyah Alkhairaat Anggrek, Arfan Bisango, operator EMIS pada kantor Wilayah Kemnterian Agama Propvinsi Gorontalo setelah di konfirmasi tentang hal ini juga membenarkan kejadian itu serta menjelaskan kepada awak media ini bahwa hal itu terjadi karena beberapa kemungkinan, diantaranya bahwa yang bersangkutan adalah siswa pindahan dari sekolah lain dan atau data yang yang bersangkutan itu tercecer disaat penginputan data. Tapi kami segera akan membenahi semuanya pak, kata Arfan Bisango.

Apa yang di katakan oleh Arfan Bisango ini pun segera di lakukannya, sebelum berita ini di turunkan salah satu Nomor Induk yang dipertanyakan awak media ini pun segera diketemukan dan melalu message Arfan Bisango memberitahukannya kepada awak media ini. Insya Allah harapan orang tua siswa yang kini belum ber NISN itu segera terjawab dalam jangka waktu dekat ini. (*MM)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker