BONEBOLKONTROL

TERSANDUNG KASUS, DIRUT BUMD PT. BBC RESMI DIBERHENTIKAN

BONE BOLANGO (KP) – Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Bone Bolango Cemerlang (BBC), Moh. Taufik Baladraf resmi diberhentikan dengan hormat dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa BUMD PT. BBC yang dipimpin Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma di ruang rapat Bupati, Kamis (2/3).

Selain memberhentikan Direktur Utama, RUPS Luar Biasa itu, juga secara resmi memberhentikan dengan hormat salah satu Komisaris BUMD PT. BBC, Slamet Wiyardi  yang telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai komisaris.

Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma usai memimpin jalannya rapat tersebut, mengatakan RUPS Luar Biasa PT. BBC merupakan tindaklanjut dari beberapa kali rapat yang dilaksanakan dalam rangka pra kondisi persiapan RUPS Luar Biasa sesuai dengan UU Nomor 48 tahun 2009 tentang BUMD dan sesuai dengan AD/RT BUMD Pasal X ayat 1,2,3 sampai pasal 8.

Sekda Ishak Ntoma yang mewakili Pemkab Bone Bolango selaku pemegang tunggal investasi saham/pemilik tunggal saham BUMD mengungkapkan dalam rapat tersebut pihaknya memutuskan telah melaksanakan pemberhentian dengan hormat kepada salah satu Komisaris BUMD PT. Slamet Wiyardi yang telah mengundurkan diri dari komisaris.

Selain itu, memberhentikan dengan hormat Direktur Utama BUMD Moh. Taufik Baladraf, karena adanya kasus yang menimpah yang bersangkutan saat ini”jelas Sekda.”jelas Sekda.

Disamping itu, lanjut Sekda Ishak Ntoma yang turut didampingi Asisten I Taufik Sidiki, Asisten III Syarifudin Uloli, dan dinas terkait lainnya, dalam RUPS Luar Biasa tersebut, pihaknya juga akan segera merekomandasikan kepada Bupati Bone Bolango untuk pemilihan Komisaris dengan mengajukan 3 nama, yang mewakili unsur keuangan, Secretariat Daerah, dan mewakili dari unsur Inspektorat.

“Tiga orang nama tersebut akan diajukan dan akan dipilih oleh Bupati satu orang untuk ditunjuk menjadi Komisaris,”ujarnya dan menambahkan kemudian akan merekomendasikan kepada Bupati untuk segera memberi persetujuan untuk melakukan pengisian jabatan lowong untuk Direktur Utama BUMD PT. BBC.

Nah, sambil menunggu proses rekrutmen Direktur Utama BUMD, kata Sekda pihaknya sudah minta juga kepada tim kerja persiapan RUPS Luar Biasa BUMD untuk merekomendasikan kepada Bupati untuk menunjuk pelaksana tugas Direktur Utama BUMD yaitu Ridwan Bouti.

“Tugasnya seorang Plt. Direktur Utama, itu mempersiapkan laporan keuangan yang akan diaudit oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo dalam waktu selambat-lambatnya satu minggu kedepan,”urai Sekda.

Selain itu, melakukan konsolidasi untuk persiapan penataan organisasi, penataan unit usaha, dan penataan administrasi, keuangan dan operasional, sambil menyiapkan panitia rekrutmen pengisian jabatan Direktur Utama bekerjasama dengan Komisaris.

Ditambahkan Sekda, pada RUPS Luar Biasa ini merekomendasi dan menerima seluruh laporan dan pertanggungjawaban keuangan BUMD dengan beberapa catatan, yakni laporan dan pertanggungjawaban seluruh keuangan BUMD untuk bisa terterima di RUPS berikutnya itu harus diaudit oleh inspektorat atau yang berwewenang untuk itu.

Hal ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya bagi pemerintah daerah soal sehat atau tidaknya BUMD ini. Dengan catatan pertama terhadap laporan keuangan walaupun RUPS Luar Biasa sudah menerima, tapi dengan catatan harus segera meminta kepada pihak auditor untuk mengaudit ini. Dalam rangka melihat kondisi perusahaan, mudah-mudahan dalam kondisi yang sehat dan bagus.

Sekda pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada panitia dan tim kerja persiapan RUPS Luar Biasa BUMD, yang telah sukses melaksanakan RUPS Luar Biasa tersebut. Sambil segera juga mengembalikan juga A.R. Maksum dan Notodiharjo Uloli sebagai Komisaris dengan fungsinya masing-masing dalam rangka persiapan pemilihan Direktur Utama nanti.

“Saya minta ini bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak lama, sehingga pada hari Senin depan itu sudah masuk di meja Bupati soal hasil keputusan RUPS Luar Biasa ini,”harap Sekda Ishak Ntoma.(*MM)

LAPORAN : MAHMUD/ HUMAS

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
http://Vidyaamaliah.co.id
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button