BONEBOL

SEKDA BONE BOLANGO PENUHI UNDANGAN KHUSUS DUBES SWEDIA

BONE BOLANGO (KP) – Bupati Bone Bolango yang diwakili Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma, memenuhi undangan khusus dari Duta Besar (Dubes) Swedia di rumah kediaman Dubes Swedia di Kebayoran Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dalam pertemuan khusus dan terbatas itu, dihadiri Menteri Koordinasi Kebijakan dan Energi Swedia, Mr. Ibrahim Baylan, Duta Besar Swedia Mrs. Johanna Brismar Skoog, dan Mr. Marten Bjork (pemilik Elpanne Teknik dan sekaligus perwakilan dari beberapa perusahaan teknik lainnya serta perwakilan dari sebuah Universitas Teknik di Swedia), serta Joko (perwakilan Mr. Marten di Indonesia).

Pertemuan tersebut membahas beberapa hal, diantaranya betapa seriusnya grup perusahaan dari Swedia untuk melakukan investasi di Indonesia. Terutama grup perusahaan Swedia yang bergerak dibidang penyediaan energi baru; seperti air, uap, matahari, sampah dan ombak.

Perusahaan Swedia ini selama lebih dari 20 tahun telah membangun usaha di negara Cina. Kini punya dana sekitar 200 milyar USD untuk di investasikan di Vietnam dan di Indonesia

“Investasi dalam bentuk BOT selama minimal 20-25 tahun untuk membangun sebuah kawasan “hijau” dalam bentuk cottage-cottage yang seluruhnya menggunakan tenaga dari energi baru dan pengolahan limbah sampah serta pengelolaan air yang efisien,”jelas Sekda.

Kata Sekda cottage ini, akan menjadi tujuan wisata umum, dan khususnya para calon investor atau calon pembeli produk-produk mereka dari berbagai penjuru negara di dunia untuk merasakan secara langsung penerapan dari teknologi-teknologi buatan investor Swedia ini.“Pembuatan cottage-cottage ini akan dibiayai sepenuhnya oleh investor Swedia, dan dengan tenaga kerja serta bahan-bahan lokal yang tersedia (bila tidak ada, baru import),”ujarnya.

Tentu proyek ini, tutur Sekda Ishak Ntoma juga dapat menjadi laboratorium bagi Universitas Gorontalo bekerjasama dengan universitas dari Swedia. Proyek ini tentu sangat menjanjikan namun juga rentan akan adanya eksploitasi sumber daya daerah.

“Khususnya sumber daya alam dan pariwisata, setelah disampaikan kekhawatiran dari Pemkab Bone Bolango kepada investor Swedia. Mereka mengatakan bahwa akan membahas seluruh aspek yang perlu untuk dipertimbangkan secara detail,”beber Sekda Ishak Ntoma.

Sekda pun berharap pertemuan tersebut menjadi langkah awal pemerintah Kabupaten Bone Bolango untuk menjajaki peluang kerjasama dengan Swedia.”Diharapkan pertemuan ini bisa menjadi peluang dan menjadi titik awal penjajakan kerjasama antara Pemkab Bone Bolango dan Swedia,”tandasnya.(*MM)

 

LAPORAN : HUMAS BONBOL

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker